by

Sudah 314 Orang Dirawat, Depok Dinyatakan Siaga DBD

Kadinkes Kota Depok,  drg Novarita.
Kadinkes Kota Depok, drg Novarita.

DepokRayanews.com- Pemerintah Kota Depok menyatakan status siaga demam berdarah dengue (DBD) karena jumlah pasien terus meningkat setiap hari.

Hingga 25 Januari, tercatat sudah ada 314 pasien DBD yang dirawat di rumah sakit. Angka itu sudah termasuk yang dirawat di RSUD.

“DBD menyerang hampir seluruh kelurahan di Kota Depok. Jadi, kita statusnya siaga,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Selasa (29/1/2019.

Menurut Nova, kasus DBD paling banyak
ada di Harjamukti, di Beji, Cipayung, Mekarjaya dan Pancoranmas.

Dari 63 kelurahan di Depok, hanya 9 kelurahan yang tidak melaporkan adanya DBD di wilayahnya. Artinya, hampir seluruh wilayah terserang DBD.

Nova berharap dilakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak di semua wilayah, terutama di rumah masing-masing.

Menurut Nova, dari 314 pasien tersebut sebagian sudah pulang. Rumah Sakit Umum Daerah Depok sendiri melaporkan ada 177 kasus DBD per Senin (28/1/2019).

“Laporan dari rumah sakit masih ada yang dirawat ya. Ada yang udah pulang tapi nggak dilaporin, jadi ini dinamis dari semua RS. RSUD sudah ada 177 kasus DBD per hari ini,” kata dia.

Data tersebut, katanya meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 75 kasus. Dari 314 kasus tersebut, belum ada laporan korban meninggal dunia.

Depok pernah mengalami KLB DBD pada 2016. Hal itu, kata Norvita, terjadi karena pemberantasan sarang nyamuk yang kurang. (ris)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *