by

Sudah 39 Gerai Ditutup, Transmart Optimis Tidak akan Gulung Tikar

DEPOKRAYANEWS.COM- Meski sudah 39 gerai ditutup permanen, tapi pihak manajemen Transmart milik Chairul Tanjung optimis perusahaannya tidak akan gulung tikar alias bangkrut seperti ritel modern lain.

Beberapa gerai Transmart yang tutup permanen antara lain Transmart di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Transmart ITC Kuningan, Jakarta Selatan, Transmart ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan, Transmart ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat, Transmart Mal Ambasador, Jakarta Selatan, Transmart Tamini Square, Jakarta Timur dan Transmart Kepri Mall, Batam.

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid menyebut tutupnya beberapa gerai itu merupakan hal yang biasa dalam siklus bisnis.

“Toko-toko yang tutup itu harus kita lakukan untuk efisiensi dan berlari lebih cepat. Hal itu sudah biasa dalam bisnis ritel. Apalagi bukan itu aja, hotel resto juga banyak yang tutup efek pandemi ini,” ujar Satria seperti dikutip Bisnis, Senin 6 Februari 2023.

Satria menyebut beberapa alasan penutupan gerai, antara lain dampak pandemi, tren bisnis mulai berubah, baik ritel dan bisnis-bisnis sektor lain pun butuh penyesuaian. Apalagi, kata dia, ekonomi masyarakat pun masih dalam proses pemulihan.

”Gerai tutup itu bukan berarti Transmart akan gulung tikar,” tegas dia. Menurutnya, Transmart relatif masih bisa bertahan dibanding bisnis ritel lainnya yang terlebih dulu menutup gerainya secara permanen.

“Sebelum kita banyak ritel lain yang lebih dulu tutup permanen. Bahkan punya asing. Justru kita lebih survive, karena ternyata tidak mudah juga menaklukan pasar Indonesia,” kata dia.

Satria berharap masyarakat tidak perlu terpengaruh dengan penutupan gerai-gerai Transmart karena Transmart masih beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. Gerai milik PT Trans Lifestyle masih eksis di beberapa kota besar yang semuanya berjumlah 95 gerai seluruh Indonesia.

Gerai Transmart itu beroperasi di Pekanbaru, Lampung, Palembang, Padang, Bandung, Bekasi, Semarang, Tangsel, Tangerang, Sidoarjo, Tegal, Karawang, Bali, Makassar, Kediri, Surabaya, Bogor, Cirebon, Manado, Palu, Lombok, Kupang.

“Untuk pemasok jangan khawatir. Konsumen juga tidak perlu ragu. Kita masih buka Sabang sampai Merauke,” kata Satria. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *