by

Suhu Jabodetabek Capai 36 Derajat Celcius, Ini Penjelasan BMKG

DEPOKRAYANEWS.COM- Kawasan Jabodetabek diselimuti cuaca panas yang cukup ekstrem dalam beberapa hari terakhir, bahkan suhu mencapai 36 derajat celcius. Kadang disertai hujan lebat di malam hari, seperti yang terjadi saat hari pertama Lebaran Idulfitri 2022.

Koordinator Bidang Cuaca dan Peringatan Dini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Miming Saefudin mengatakan kondisi itu terjadi karena saat ini Indonesia tengah memasuki musim pancaroba atau periode peralihan musim hujan ke kemarau.

Tidak hanya di wilayah Jabodetabek, musim pancaroba juga terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia terutama wilayah Jawa-Bali-Nusa Tenggara dan wilayah Indonesia yang berada di wilayah selatan ekuator pada periode April-Mei. Sedangkan sebagian lainnya masih ada yang mengalami periode basah/hujan.

Wilayah-wilayah itu diprakirakan memiliki kondisi cuaca cerah pada siang disertai suhu cukup terik pada siang hari sehingga harus tetap di waspadai

“Umumnya, pada periode pancaroba atau menjelang musim kemarau, kondisi cuaca terutama pada pagi hari didominasi dengan kondisi cuaca cerah dan tingkat awan yang sangat rendah dapat menyebabkan terjadi suhu yang cukup panas dan terik pada siang hari dengan potensi hujan dmyang disertai kilat/petir,” kata Miming, Minggu 8 Mei 2022.

“Hal ini dapat terjadi karena minimnya tutupan awan di wilayah Jabodetabek pada pagi hari sehingga terjadi pemanasan radiasi matahari maksimal hingga di permukaan. Lalu pada siang-sore hari umumnya akan terbentuk awan-awan dan dapat terjadi hujan,” kata dia.

Selain peralihan musim atau pancaroba, fenomena cuaca panas yang terjadi belakangan di beberapa wilayah terakhir disebabkan posisi semua matahari sudah berada ke arah wilayah utara ekuator.

“Atau tepatnya di sekitar lintang 14 derajat dan masih bergerak ke utara hingga Juni mendatang yang mengindikasikan bahwa puncak musim kemarau mulai berlangsung di wilayah Indonesia secara umum,” ujarnya.

“Suhu maksimum per hari kemarin ada yg terukur hingga 35-36 derajat celcius,” kata Miming. Secara umum kondisi cuaca panas dapat terjadi hingga pertengahan Mei.(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *