by

Supian Suri Berharap Lebaran Depok tidak Hanya Menampilkan Budaya Asli Depok

DEPOKRAYANEWS.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri membuka Lebaran Depok Tahun 2022 di Perumahan Shila At Sawangan, Kota Depok, Jumat 3 Juni 2022.

“Lebaran Depok ini merupakan pekan budaya Depok yang menampilkan seni budaya Depok, menyajikan makanan khas Depok, serta hal-hal positif yang diturunkan orang tua kita terdahulu,” kata Supian Suri saat membuka Lebaran Depok 2022. Acara tersebut dihadiri camat, lurah, para sesepuh di Kota Depok, serta perwakilan Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) dari setiap wilayah.

Menurut Supian Suri, perhelatan itu akan menjadi agenda tahunan di Kota Depok sebagai upaya untuk mengenalkan budaya dan mewarisi kebiasaan orang tua dalam kebersamaan dan keguyuban.

Supian Suri berharap, ke depannya pelaksanaan Lebaran Depok tidak hanya menampilkan budaya asli Depok saja. Melainkan budaya lainnya yang merupakan budaya orang-orang yang tinggal di Kota Depok. “Semoga kedepannya kita bisa menampilkan budaya lainnya pada kegiatan Lebaran Depok ini, misalnya budaya Minang, Jawa, Kalimantan dan sebagainya,” kata dia.

Pada hari pertama Lebaran Depok, dimulai dengan pemotongan kerbau andil, lomba numbuk uli, dan lomba nganam ketupat. Kemudian, juga diramaikan dengan bazar UMKM yang menyajikan makanan khas Depok.

“Motong kerbau andil ini tradisi orang Depok terdahulu dan harus dilestarikan, serta kebiasaan numbuk uli dan nganam ketupat,” kata Supian Suri. Lebaran Depok 2022 akan berlangsung sampai Minggu 5 Juni 2022 mendatang. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed