by

Survei Terbaru Capres 2024: Ganjar Pranowo Kalahkan Prabowo dan Anies Baswedan

Depokrayanews.com- Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024 terus meroket mengalahkan tokoh-tokoh nasional lain termasuk Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Bahkan sejumlah tokoh yang sibuk memasang baliho raksasa di sejumlah wilayah saat Pandemi Covid-19 berada di urutan terbawah dalam simulasi deretan 10 nama tokoh, seperti Puan Maharani dari PDI Perjuangan, Airlangga Hartarto Ketua Umum DPP Partai Golkar dan Muhaimin Iskandar Ketua Umum DPP PKB.

Berdasarkan hasil survei Charta Politika, nama Ganjar Pranowo berada di posisi tertinggi yakni 16,2%, mengalahkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan elektabilitas 14,8%, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 14,6%.

“Mulai kelihatan papan utamanya ada tiga pemain, yakni tiga sosok Mas Ganjar, Pak Prabowo, dan Mas Anies,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya ketika menyampaikan hasil surveinya secara daring, Kamis 12 Agustus 2021.

Selain tiga nama tadi, berikutnya ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 5,4%, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (4,6%), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (3,9%), politikus PDIP Basuki Tjahaja Purnama (3,3%), Menteri Sosial Tri Rismaharini (3,1%), mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti (2,9%), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,8%).

Hasil Survei Calon Presiden

Sementara itu, dalam simulasi 10 nama tokoh tersebut, hasilnya juga tidak jauh berbeda. Nama yang paling banyak disebut atau di posisi teratas Ganjar (20,6%), kemudian Anies (17,8%), dan Prabowo (17,5%).

“Saya bisa pertanggungjawabkan data mas Ganjar memang nomor satu secara statistik. Tetapi Anies dan Prabowo masih dalam selisih margin of error,” kata Yunarto.

Kemudian di posisi berikutnya Sandiaga Uno (7,7), Ridwan Kamil (7,2%), AHY (4,2%), Tri Rismaharini (3,6%), Erick Thohir (1,8%), Puan Maharani (1,4%), dan Airlangga Hartarto (1%).

Selanjutnya dilakukan simulasi lagi terhadap lima nama dan hasilnya Ganjar tetap unggul dengan 23,3%, Anies (19,8%), Prabowo (19,6%). Posisi berikut Sandiaga Uno (8,4%), Ridwan Kamil (8,2%), dan tidak menjawab (20,7%).

Survei Charta Politika ini digelar pada 12 – 20 Juli 2021. Terdapat 1.200 responden yang diwawancarai secara tatap muka dengan metode multistage random sampling dan margin of error plus minus 2,8%. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *