Tagihan PLN Melonjak Tinggi, Ini Penyebabnya

Sebarkan :

 

Tagihan PLN

Depokrayanews.com- Media sosial sejak Sabtu 6 Juni 2020 pagi diramaikan dengan keluhan pelanggan PLN. Tidak hanya masyarakat biasa, keluhan yang sama juga disampaikan artis Indonesia papan atas, seperti Rafi Ahmad dan Nikita Mirzani. Rafi mengeluhkan tagihan listriknya melonjak tinggi jadi Rp 17 juta. Sedangkan artis kontoversi Nikita Mirzani mendadak tagihan listrinya jadi Rp 27 juta.

Terang saja, kalau banyak yang mengeluh dan ada pula yang mencaci maki PLN dengan berbagai umpatan. PLN dianggap mencekik masyarakat di tengah Covid-19. Ada pula yang bilang PLN meraub keuntungan di tengah penderitaan masyarakat.

Di Depok, puluhan masyarakat menggeruduk kantor PLN. Mereka datang untuk mempertanyakan kenapa tagihan PLN mereka tiba-tiba melonjak tinggi. ”Saya biasanya bayar Rp 150 ribu per bulan. Sekarang tiba-tiba naik jadi Rp 275 ribu,” kata Andini, salah seorang warga Jalan Merdeka, Kota Depok.

Lain lagi dengan Firdaus, pensiunan perusahaan swasta merasa kaget tiba-tiba tagihan PLN nya naik menjadi Rp 750 ribu. Padahal biasanya bapak 6 cucu ini hanya membayar Rp 450 ribu per bulan. Ada apa dengan PLN, kenapa tagihan kepada masyarakat tiba-tiba naik ?

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Depok, Putu Eka Astawa mengatakan kenaikan tagihan PLN pada bulan Juni sebesar minimal 20 persen dari pada bulan Mei akibat penagihan menggunakan rata-rata tiga bulan terakhir.

Karena itu, PLN berusaha mencari jalan keluarnya. “PLN membuat skema penghitungan tagihan untuk melindungi pelanggan pascabayar yang tagihan listriknya naik pada bulan Juni 2020,” kata dia kepada wartawan di Depok Sabtu 6 Juni 2020.

PLN, katanya, harus melakukan pemeriksaan data setiap pelanggan satu per satu, untuk memastikan supaya kebijakan tersebut tepat sasaran.

Ada juga tagihan itu yang melonjak karena pemakaian yang lebih besar dibanding bulan-bulan sebelumnya, karena masyarakat banyak melakukan aktivitas di rumah akibat covid-19. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menhub Luncurkan 2 Aplikasi untuk Mencegah Kluster Angkutan Umum

Depokrayanews.-com- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meluncurkan dua aplikasi yakni E-Ticketing dan aplikasi Lacak Trans ...