by

Tahun 2019 dari Ujung ke Ujung Pulau Jawa sudah Terhubung Jalan Tol

Presiden Jokowi meninjau pembangunan jalan Tol Semarang - Solo didampingi Menteri PUPR dan Menhub.
Presiden Jokowi meninjau pembangunan jalan Tol Semarang – Solo didampingi Menteri PUPR dan Menhub.

Depokrayanews.com- Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pengerjaan jalan tol Semarang- Solo seksi III ruas Bawen- Salatiga, Sabtu (8/4/2017).

Kunjungan itu untuk memastikan jalan tol sepanjang 17,5 kilometer itu bisa dugunakan saat mudik Lebaran tahun ini.

Jokowi juga berinteraksi langsung dengan sejumlah petugas kontraktor pelaksana di lokasi itu,

Menteri PUPR sebelumnya, pekerjaan gali timbun di lokasi ini masih menjadi pekerjaan berat guna mengejar target fungsional jalan tol ini.

Usai melihat proses pekerjaan gali timbun itu, Presiden menegaskan, telah melihat langsung proses pekerjaan di ruas tol yang sempat bertahun- tahun tak terselesaikan akibat alotnya proses pembebasan lahan.

“Alhamdulillah, tadi sudah saya tanyakan rata- rata di setiap ruas (seksi) sudah 97 sampai 99 persen lahan sudah terbebaskan,” kata Jokowi.

Artinya, di ruas tol Bawen- Salatiga ini tinggal menunggu proses pekejaan konstruksi rampung.

Jokowi, berharap pada akhir 2018 nanti Jakarta-Semarang, Semarang- Solo dan Solo- Surabaya sudah tersambung. Setelah itu dilanjutkan ke timur, ruas Surabaya-Banyuwangi tahun 2019 diharapkan sudah selesai.

“Sehingga pulau Jawa nantinya sudah terhubung oleh jalan tol, dari ujung ke ujung,” ujarnya.

Presiden juga mengakui problem yang paling berat, misalnya di ruas Bawen-Salatiga ini di wilayah Bawen hingga Tuntang. Karena harus berhadapan dengan bukit- bukit yang masih membutuhkan kerja keras. Khususnya ‘pemotongan’ dan membawa material tanah untuk menimbun tempat lainnya.

“Hampir 2 juta meter kubik tanah yang harus dipindahkan dan kini masih tersisa 140 ribu meter kubik yang harus segera diselesaikan,” katanya. (rol)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *