by

Takmir Masjid Al Falah Modifikasi Seruan Azan, Begini Jadinya

Masjid Al Falah Surabaya

Depokrayanews.com- Takmir Masjid Al Falah Surabaya, Jawa Timur, memodifikasi seruan azan guna menganjurkan masyarakat tetap berada di rumah sehingga tidak terpapar Virus Corona atau Covid-19.

Humas Masjid Al Falah Surabaya, Wirawan Dwi, mengatakan takmir sengaja menambahkan seruan agar jemaah melakukan salat di rumah.

“Kami tambah redaksionalnya, pada akhir azan ditambah sholluu fii buyutikum, artinya salatlah di rumah kalian. Ini dalam rangka untuk seruan kepada masyarakat, bahwa sebaiknya salat di rumah,” kata Dwi di Surabaya, Senin 23 Maret 2020.

Dwi memastikan, modifikasi azan itu tidak menyalahi aturan. Apalagi, kata dia, hal tersebut juga pernah diceritakan dalam riwayat Nabi Muhammad SAW.

“Pada zaman Rasulullah juga pernah ada, ketika hujan deras, terus kemudian muazin diminta untuk menambahkan redaksional dalam azan.”

Ia mengatakan, seruan azan seperti itu telah dikumandangkan sejak tiga hari terakhir. Masjid itu juga meniadakan salat berjemaah, setelah terdapat imbauan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa agar warga berdiam di rumah.

Selain itu, takmir Masjid Al Falah Surabaya juga meniadakan sejumlah agenda sampai wabah Virus Corona bisa dikendalikan.

“Tidak hanya salat berjemaah, tapi seluruh kajian di sini juga diliburkan.Kami juga punya lembaga kursus, yang jumlah siswanya itu ribuan setiap periodenya, itu juga kami liburkan semua.” kata dia.

Sumber: SuaraJatim.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *