by

Tanda Kepangkatan POLRI dan Lambangnya

Perwira Polisi

DepokRayanews.com- Tanda kepangkatan POLRI adalah daftar tanda pangkat yang digunakan oleh Kepolisian Negara Indonesia. Sebagaimana tanda kepangkatan lainnya, kepangkatan POLRI terdiri atas jajaran pengkat perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara tinggi, bintara, dan tamtama.

Berikut ini urutan Pangkat Polisi disertai dengan lambang gambar pangkat polisi dari urutan pangkat tertinggi sampai terendah.

Pangkat Perwira Tinggi Polri

Jenderal Polisi
Jenderal Polisi adalah pangkat tertinggi dalam sistem kepangkatan Polri. Gambar pangkat di Polri untuk Jenderal Polisi adalah 4 bintang.

Pangkat Jenderal Polisi

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)
Komisaris Jenderal Polisi adalah pangkat diatas Inspektur Jenderal Polisi dibawah Jenderal Polisi. Tanda pangkat Polri untuk Komisaris Jenderal Polisi adalah 3 bintang.

Pangkat Komisaris Jenderal Polisi

Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)
Inspektur Jenderal Polisi adalah pangkat diatas Brigadir Jenderal Polisi dibawah Komisaris Jenderal Polisi. Lambang pangkat di Polri untuk Inspektur Jenderal Polisi adalah 2 bintang.

angkat Inspektur Jenderal Polisi

Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)
Brigadir Jenderal Polisi adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira tinggi Polri. Lambang pangkat dalam Polri untuk Brigjen Pol adalah 1 bintang.

Pangkat Brigadir Jenderal Polisi

Pangkat Perwira Menengah Polri

Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)
Komisaris Besar Polisi adalah pangkat tertinggi dalam jajaran kepangkatan perwira menengah Polri. Gambar pangkat di Polri untuk Komisaris Besar Polisi adalah 3 bunga melati emas.

Pangkat Komisaris Besar Polisi

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)
Ajun Komisaris Besar Polisi atau disingkat AKBP adalah pangkat diatas Komisaris Polisi dibawah Komisaris Besar Polisi. Lambang pangkat di Polri untuk AKBP adalah 2 bunga melati emas.

Pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi

Komisaris Polisi (Kompol)
Komisaris Polisi adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira menengah Polri, lambang pangkat dalam Polri untuk Komisaris Polisi adalah 1 bunga melati emas.

Pangkat Komisaris Polisi

Pangkat Perwira Pertama Polri

Ajun Komisaris Polisi (AKP)
Ajun Komisaris Polisi adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat perwira pertama Polri. Tanda pangkat POLRI untuk Ajun Komisaris Polisi adalah 3 balok emas.

Pangkat Ajun Komisaris Polisi

Inspektur Polisi Satu (Iptu)
Inspektur Polisi Satu atau disingkat IPTU adalah pangkat diatas Inspektur Polisi Dua dibawah Ajun Komisaris Polisi, lambang pangkat di Polri untuk IPTU adalah 2 balok emas.

Pangkat Inspektur Polisi Satu

Inspektur Polisi Dua (Ipda)
Inspektur Polisi Dua Polri atau disingkat IPDA adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira pertama Polri. Lambang pangkat dalam Polri untuk Inspektur Polisi Dua adalah 1 balok emas.

Pangkat Inspektur Polisi Dua

Pangkat Bintara Tinggi Polri

Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)
Ajun Inspektur Polisi Satu adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri. Tanda pangkat Polri untuk Ajun Inspektur Polisi Satu adalah 2 balok perak bergelombang.

Pangkat Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)
Ajun Inspektur Polisi Dua atau disingkat Aipda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri. Lambang pangkat dalam Polri untuk Ajun Inspektur Polisi Dua adalah 1 balok perak bergelombang.

Pangkat Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Pangkat Bintara Polri

Brigadir Polisi Kepala (Bripka)
Brigadir Polisi Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara Polri. Gambar pangkat di Polri untuk Brigadir Polisi Kepala adalah 4 balok perak menyerupai huruf V.

angkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Brigadir Polisi (Brigpol)
Brigadir Polisi atau disingkat Brigpol adalah pangkat diatas Brigadir Polisi Satu dibawah Brigadir Polisi Kepala, tanda pangkat Polri untuk Brigadir Polisi adalah 3 balok perak menyerupai huruf V.

Pangkat Brigadir Polisi (Brigpol)

Brigadir Polisi Satu (Briptu)
Brigadir Polisi Satu atau disingkat Briptu adalah pangkat diatas Brigadir Polisi Dua dibawah Brigadir Polisi. Lambang pangkat di Polri untuk Briptu adalah 2 balok perak menyerupai huruf V.

Pangkat Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Brigadir Polisi Dua (Bripda)
Brigadir Polisi Dua Polri atau disingkat Bripda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Bintara Polri, lambang pangkat dalam Polri untuk Brigadir Polisi Dua adalah 1 balok perak menyerupai huruf V.

Pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *