by

Tas dan Craft Cantik EN-DEN, Karya Anak Tuna Rungu

Depokrayanews.com- Keterampilan menjahit yang dipunyai Enden Nelly kini telah membuahkan hasil dan bisa menciptakan lapangan kerja. Enden Nelly baru memulai usaha tahun 2016, tapi sudah banyak tas dan craft yang berhasil diproduksi. Sebagian besar sudah terjual melalui jaringan media sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatsApp group.

Meski banyak pengusaha kecil mikro yang memproduksi tas dn craft, tapi kondisi itu tidak menyurutkan semangat Enden Nelly untuk terus berkarya, menghasilkan tas dan craft berkualitas. ”Kelebihan tas dan craft EN-DEN, jahitannya lebih rapi dan kuat,” kata Enden Nelly kepada depokrayanews.com, Kamis 28 Januari 2021.

Yang menarik, dan luar biasa, tas dan craft EN-DEN dijahit oleh anak-anak tuna rungu. ”Untuk sementara baru 2 orang anak tuna rungu yang kami pekerjakan di EN-DEN,” kata Enden Nelly. Menurut dia, tidak mudah mendidik anak tuna rungu untuk bisa menjahit, apalagi kemudian bisa menghasilkan produk yang berkualitas. ”Butuh kesabaran yang tinggi, tapi karena saya memahami keterbatasan mereka, saya punya cara untuk mendidik mereka,” kata dia.

Ke depannya, Enden Nelly berharap usahanya terus berkembang sehingga bisa memberi lapangan kerja yang lebih banyak lagi kepada tuna rungu. ”Ada kepuasan tersendiri bisa mendidik anak tuna rungu sehingga punya keterampilan dan kemudian menghasilkan uang dari jerih payahnya sendiri,” kata Enden Nelly

Enden Nelly benar-benar bergerak dari bawah, dengan modal awal hanya Rp 5 juta dan sampai saat ini belum pernah mendapat bantuan permodalan, baik dari perbankan maupun pemerintah.

INFO PRODUK:
Nama Produk: EN-DEN
Jenis produk: Tas dan Craft
Pemilik: Enden Nelly
Alamat : Perumahan Lembah Nirmala 2 Blok F12 RT 14 RW 13, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.
Pemesanan hubungi: 089653031517 dan 081314175133

CATATAN: Rubrik UMKM ini kerjasama UMKM Bagus dengan depokrayanews.com

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *