by

Tempat Isolasi Terpusat Hampir Penuh, Dinkes Depok Minta Warga Lakukan di Rumah

DEPOKRAYANEWS.COM- Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan saat ini ketersediaan ruang isolasi terpusat yang disediakan Pemkot Depok di Guest House Pusat Studi Jepang (PSJ) Universitas Indonesia sudah hampir penuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Mary Liziawati mengatakan

Berdasarkan laporan per 9 Februari 2022, tempat tidur isolasi PSJ UI sudah terisi 48 dari 56 yang tersedia. “Sudah terisi 48 TT (tempat tidur) di PSJ UI, semuanya merupakan pasien dengan status OTG (orang tanpa gejala),” kata Mary dalam keterangan resminya, Kamis 10 Februari 2022.

Mary mengimbau masyarakat untuk menjalani isolasi mandiri di rumah dan memperhatikan sejumlah pedoman yang telah dikeluarkan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Depok.

“Selama menjalani isoman di rumah ada kegiatan yang wajib, boleh, dan tidak dilakukan,” kata Mary

Mary menjelaskan untuk kegiatan yang wajib dilakukan saat menjalani isolasi antara lain tetap berada di kamar dan dapat dihubungi melalui media komunikasi, rutin mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer, serta memakai masker dengan benar saat keluar kamar atau ruangan.

“Kemudian, menjaga kebersihan kamar dan rutin disinfektan area kamar yang sering disentuh serta melaporkan kondisi kesehatan setiap hari kepada petugas pemantau Puskesmas melalui whatsapp,” kata dia.

Adapun kegiatan yang tidak boleh dilakukan di antaranya keluar kamar, menerima tamu, menggunakan barang sama dengan orang lain, melakukan aktivitas yang mengganggu orang lain, dan merokok.

Selama menjalani isolasi, pasien diwajibkan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang seperti buah dan sayuran. Selain itu, cukup tidur atau istirahat. “Lalu berolahraga, terpapar cukup sinar matahari dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” kata Mary. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed