by

Terkait Penggantian Menpora, Ketum Golkar Airlangga Tunggu Arahan Presiden

DEPOKRAYANEWS.COM- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penggantian posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang dikabarkan akan mengundurkan diri .

Airlangga menegaskan, penggantian jabatan Menpora merupakan hak prerogratif dari Presiden. “Hak prerogatif Pak Presiden. Kita tunggu arahan Bapak Presiden,” ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 20 Februari 2023.

Airlangga mengaku sudah sering bertemu Zainudin Amali untuk membahas berbagai hal, termasuk statusnya sebagai Menpora. “(Bahas status Menpora) Semua dibahas,” kata dia.

Lalu siapa yang akan menggantikan Zainudin Amali sebagai Menpora dari Partai Golkar? Golkar sendiri menyatakan memiliki banyak kader yang siap menggantikan Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Juru Bicara Partai Golkar Tantowi Yahya menyatakan Golkar merupakan partai kader sehingga tak sulit mencari orang yang dirasa mampu jadi pejabat negara jika dibutuhkan.

“Jadi ketum dalam hal ini tidak terlalu gusar dan mencari siapa pengganti [Zainudin di jabatan menpora] karena Golkar itu partai kader dan sudah disiapkan untuk posisi-posisi apapun,” kata Tontowi, Senin 20 Februari 2023.

Namun demikian, Tantowi mengaku tidak tahu siapa sosok kader Golkar yang akan jadi pengganti Zainudin jika memang benar dia akan mundur dari jabatan menpora. Keputusan itu, lanjutnya, merupakan ranah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Selain itu, urusan jabatan menteri juga hak prerogatif Presiden. Oleh sebab itu, Zainudin juga akan menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait nasibnya di kabinet pemerintahan. “Kita lihatlah nanti keputusan presiden seperti apa,” kata Tantowi. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *