by

Terkait Pengumpulan Dana Teroris, Kemenag Imbau Masyarakat Hati-hati Berinfak

Depokrayanews.com- Staf khusus Menteri Agama, Nuruzzaman mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati saat bersedekah harta ke lembaga zakat dan infak tertentu karena belakangan ini banyak lembaga zakat yang memiliki afiliasi dan mendanai kelompok teroris.

“Kami mengimbau warga hati-hati dalam menginfakkan hartanya terhadap lembaga-lembaga pengumpul zakat. Tentu [harus] yang sudah mendapatkan izin,” kata Nuruzzaman di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 17 November 2021.

Nuruzzaman menyebut banyak lembaga zakat yang sudah diakui oleh negara dan kredibel dalam penggunaan dananya sehingga dipastikan lembaga zakat itu transparan dan tepat sasaran saat menyalurkan bantuan pada kegiatan umat.

Dalam kesemapatan itu Nuruzzaman memastikan bahwa Kementerian Agama telah mencabut izin Lembaga Amil Zakat Abdurrohman bin Auf (LAZ ABA) sejak Januari 2021. Lembaga itu diduga menghimpun dana terkait terorisme.

“Kami mendukung apa yang dilakukan Polri, siapapun orangnya, tanpa melihat agamanya, dalam proses penegakan hukum. Jika ada orang yang dengan sengaja ingin melawan negara bahkan melakukan tindakan teror, kami mendukung aparat keamanan terutama kepolisian untuk melakukan penegakan hukum,” kata dia.

Sebelumnya, Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono merinci ada dua sumber pendanaan jaringan teroris Jamaah Islamiyah. Pertama pendanaan internal melalui infaq yang diberikan setiap bulan dari seluruh anggota kelompok JI sebesar 2,5 persen dari pendapatan anggotanya. Kedua dengan mendirikan LAZ ABA. Polisi meyakini lembaga ini dibuat oleh JI untuk mendapatkan pendanaan. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *