by

Terungkap, Gudang Minyak Goreng Ilegal Wasilah 212 di Depok Milik Anggota DPRD Jabar

DEPOKRAYANEWS.COM- Kapolsek Bojongsari membeberkan fakta baru soal kasus penyitaan 2.300 liter minyak goreng yang dikemas ulang dengan Merek Wasilah 212 di Depok. Ternyata gudang itu milik keluarga anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) dari Partai Gerindra, Rizki Apriwijaya.

”Pemilik gudang minyak goreng pengemasan ulang itu adalah keluarga anggota DPRD Provinsi Jawa Barat berinisial RA,” kata Kapolsek Bojongsari Kompol M Syahroni kepada wartawan, Kamis 17 Maret 2022.

Polisi juga mengecek surat perizinan. Diketahui gudang tersebut hanya memiliki izin untuk UMKM, bukan gudang minyak goreng.

Selain itu, izin halal yang dimiliki gudang tersebut telah kedaluwarsa dan belum diperbarui. “Izin sertifikasi halalnya itu 2020 dan sekarang 2022 jadi sudah mati,” kata Syahroni.

Dalam melancarkan aksinya, pelaku mengemas ulang minyak goreng yang diperolehnya dengan merek lain untuk kemudian menjualnya kembali ke pasaran.

“Jadi, 2.300 liter itu minyak merek Sovia. Kemudian mereka kemas ulang dengan merek berbeda, seperti merek Wasilah 212, Kita 212, dan Kita. Kemudian minyak itu dijual kembali ke sejumlah toko,” kata dia.

Selain itu, label halal yang digunakan gudang untuk melakukan pengemasan ulang minyak goreng sudah tidak berlaku.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno mengatakan, pihaknya memanggil beberapa saksi untuk dimintai keterangan terkait gudang repacking minyak goreng.

“Sementara sudah kita periksa 3 orang saksi terkait repacking kemasan minyak goreng,” ujar Yogen, Rabu 16 Maret 2022.

Tiga orang yang telah dipanggil, yakni pemilik, manajer operasional, dan supir yang antar jemput barang. Polres Metro Depok masih menunggu untuk melakukan gelar guna menentukan kelanjutan kasus tersebut, apakah berkaitan dengan masalah kelangkaan minyak goreng atau tidak.

“Masih banyak yang harus kita gali lagi lebih dalam terkait masalah kemungkinan pelanggaran yang dilakukan PT tersebut,” kata Yogen.

Keterangan yang diperoleh depoktrayanews.com menyebutkan keluarga besar Rizki Apriwijaya sudah lama menjadi pengusaha toko sembako dengan nama Bhakti Karya. Awalnya, toko Bhakti Karya hanya ada di Jalan Abdul Wahab, tapi kini berkembang pesat, ada hampir di semua wilayah di Kota Depok.

Minyak goreng Wasilah 212, dan Kita 212 muncul tidak lama setelah aksi 212 ramai di kawasan Monas. Minyak dengan merek itu banyak beredar di Kota Depok. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *