by

Tidak Hadir Rapat Bahas Banjir, Anies: Saya Fokus Penanganan untuk Rakyat

Anies Baswedan

DepokRayanews.com- Tindakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tidak menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RPD) di Komisi V DPR RI membahas masalah banjir Jabodetabek banyak mendapat sorotan. Tapi Anies beralasan tidak bisa hadir karena merasa tidak mungkin meninggalkan warga yang masih kebanjiran.

Anies menyebut saat ini ia tengah mengurus masalah banjir di ibu kota. Ia memilih untuk melakukan kunjungan ke berbagai lokasi banjir dari pada menghadiri rapat DPR.

“Tadi bayangkan warga masih ada kebanjiran, saya ini fokus pada penanganan untuk rakyat,” ujar Anies di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu 26 Februari 2020.

Meski demikian ia membantah tidak menghadiri rapat tersebut. Ia mengaku sudah mengirim bawahannya untuk menggantikannya membahas banjir di Jakarta. “Saya tadi krim wakil dari Pemprov DKI. Jadi bukan tidak hadir jadi kira-kira,” jelasnya.

Karena rapat ditunda dan akan diagendakan kembali, Anies menyatakan akan menghadirinya jika diundang kembali. Namun ia akan hadir ketika masalah banjir sekarang ini sudah rampung.

“Nanti diskusi dengan wakil rakyat mengenai bencana, sesudah ini selesai, dan insya Allah (hadir),” kata dia.

Sebelumnya, Komisi V DPR RI resmi menunda rapat pembahasan penanganan banjir di Jabodetabek. Pasalnya, tiga Kepala Daerah yang wilayahnya terdampak banjir tidak memenuhi undangan rapat.

Tiga Gubernur yang tak hadir adalah adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Banten Wahidin Halim. Ketiganya diwakilkan oleh bawahannya.

Rapat ini juga menghadirkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Kepala Basarnas Marsdya Bagus Puruhito. Ketiganya sempat memberikan pemaparan soal rapat kepada anggota dewan.

Ketua Komisi V Lazarus menyatakan rapat tidak bisa terus dilanjutkan jika tiga Kepala Daerah itu tak hadir. Pasalnya, permasalahan banjir ini solusinya adalah koordinasi antara Pemerintah pusat dan daerah.

“Tapi karena tidak pernah duduk bersama di sini mencari solusi, akhirnya semua jalan sendiri-sendiri, masalah tidak terselesaikan, dan rakyat jadi korban,” jelasnya.

Akhirnya, Lazarus memutuskan untuk menunda rapat. Pertemuan ini rencananya akan kembali digelar setelah DPR memasuki masa reses pekan depan. (mad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *