by

Tidak Perlu Antri, Kini Pendaftaran Puskesmas di Depok Berbasis Online

Salah satu puskesmas di Depok.

DepokRayanews.com- Pemerintah Depok merancang program pendaftaran berbasis online di sejumlah Puskesmas di Kota Depok. Dengan sistem online ini, masyarakat tidak perlu lagi datang pagi-pagi subuh untuk mengabil nomor pendaftaran berobat.

Dengan sistem baru ini, masyarakat bisa melakukan pendaftaran dari mana saja asal memiliki jaringan internet. Untuk sementara sistem ini baru bisa di 11 puskesmas, yakni Puskesmas Cipayung, Puskesmas Bojongsari, Puskesmas Beji, Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Cinere, Puskesmas Cilodong, Puskesmas Limo, Puskesmas Sawangan, Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Sukmajaya, dan Puskesmas Tapos.

Cara pendaftaran
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran secara online.

Pastikan memiliki e-KTP, kemudian nomor kartu pasien biasanya terdapat pada kartu puskesmas, dan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.

Bila semuanya telah lengkap maka langkah selanjutnya bisa mengikuti dua cara yaitu dengan mengunduh aplikasi DSW (Depok Single Window) kemudian lakukan registrasi pendaftaran dari aplikasi tersebut. Atau dengan mengakses langsung halaman web simpus.depok.go.id kemudian lakukan pendaftaran sesuai instruksi.

Untuk melakukan pendaftaran online, pasien yang hendak berobat dapat langsung mengakses halaman web tadi, kemudian di halaman awal, pasien diminta untuk mengisi beberapa data pada kolom isian hanya beberapa informasi yang diperlukan.

Kemudian setelah submit maka akan muncul sebuah resi elektronik yang harus disimpan sebagai bukti pendaftaran. Kemudian petugas akan mencetak resi tersebut.

Pasien tinggal melakukan daftar ulang di bagian penerima tamu. Dengan sistem online seperti ini, maka antrean lebih bisa tertib dan mendapatkan kepastian tersedianya antrean.

Di halaman web tersebut, terdapat beberapa menu yang bisa dipilih di antaranya menu telusuri. Dalam menu ini terdapat informasi mengenai informasi pendaftaran.

Kemudian menu selanjutnya, menu lihat antrean, yaitu menu untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah antrean yang tersedia.

Selanjutnya menu Petunjuk, dalam menu ini pasien bisa melihat alur pendaftaran jika memang mengalami kesulitan dalam pendaftaran.

Menu yang terakhir adalah menu Peta Lokasi, dalam menu ini pasien dapat melihat lokasi puskesmas yang terintregasi dalam sistem ini bisa dilihat. (pr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed