by

Tingkatkan Layanan, PDAM Tirta Asasta Maksimalkan Penggunaan Data Logger

Depokrayanews.com– PDAM Tirta Asasta Kota Depok terus melakukan perubahan dan penyesuaian layanan berbasis teknologi, salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan Data Logger.

Data Logger adalah sebuah alat elektronik dengan daya penghantar berupa baterai untuk mencatat data dari waktu ke waktu yang terintegrasi dengan sensor data instrument.

Direktur Operasional Tirta Asasta Depok, Sudirman mengatakan, perangkat itu dapat memberikan informasi berupa data tekanan, debit air, dan angka meter sehingga akan berguna untuk memantau parameter air yang menuju dan masuk ke lokasi-lokasi yang menjadi prioritas pemantauan jaringan air Tirta Asasta yang sulit dijangkau untuk dapat dipantau secara intensif selama 24 jam.

Tirta Asasta saat ini memiliki 29 logger di mana 19 unit berstatus aktif, 7 dalam perbaikan, dan 3 yang masih tersedia.

Adapun 19 unit yang berstatus aktif telah dialokasikan di sejumlah titik seperti Cinere Resort, ITC, pelanggan Non-Domestik dan beberapa titik lainnya yang dinilai memerlukan pemantauan.

Menurut Sudirman, pemantauan akan memaksimalkan layanan Tirta Asasta kepada para pelanggan sesuai dengan Kualitas, Kuantitas, dan Kontinuitas (K3). Ke depannya Tirta Asasta merencanakan pengadaan Data Logger untuk setiap Meter Induk yang dimiliki.

Melalui perangkat dapat dilakukan penyeimbangan data antara data rekening yang ditagihkan dengan total air yang dikeluarkan. Perangkat ini juga memberikan data-data yang kemudian dapat digunakan untuk melakukan maintenance, analisa hingga pengambilan kebijakan yang tepat bagi manajemen.

Selain Data Logger, Tirta Asasta juga menempatkan Remote Terminal Unit (RTU) pada setiap Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dimiliki.

Saat ini ada dua unit RTU pada IPA Legong, dua unit RTU pada IPA Citayam dan satu unit RTU pada IPA Duser yang ditempatkan untuk memantau tekanan, debit air, angka meter, tetapi juga level reservoir, tingkat kekeruhan, sisa chlor dan status pompa.

RTU sendiri memiliki kemampuan pembacaan yang lebih tinggi karena memperoleh daya melalui daya listrik sehingga semakin banyak data yang didapatkan melalui perangkat ini. (rel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *