by

TNI AL akan Mengangkat KRI Nanggala dari Kedalaman 838 Meter

Awak KRI Nanggala 402. (istimewa)

Depokrayanews.com- Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan pihaknya berkeinginan untuk mengangkat bagian kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di kedalaman 838 meter untuk melakukan investigasi secara menyeluruh.

“Diangkatnya enggak sekadar diangkat, tapi untuk lakukan investigasi menyeluruh karena kita punya kapal selam sejenis yakni KRI cakra,” kata Yudo dalam keterangan pers secara daring, Minggu 25 April 2021.

Menurut Yudo, investigasi menyeluruh bertujuan untuk mencari penyebab tenggelamnya KRI Nanggala. Melalui investigasi, ia berharap di kemudian hari tak terulang kejadian serupa.

“Dengan investigasi kita tak akan ulangi kejadian di masa akan datang,” kata Yudo.

Selain itu, Yudo mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan organisasi International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO) terkait keputusan mengangkat kapal selam tersebut.

Ia menilai upaya pengangkatan bangkai kapal dari kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut menjadi upaya yang langka dan butuh perhatian khusus.

“Di dalam organisasi ISMERLO ada rekan-rekan kita di luar ada yang menawarkan ini. Ini perlu keputusan pemerintah. Nanti saya usulkan ke panglima secara berjenjang ke atas. Kalau udah ada keputusan akan kita angkat,” kata dia. (ris/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *