by

Toyota Ternyata Sudah 2 Tahun Siapkan Mobil Listrik Kijang Innova EV

DEPOKRAYANEWS.COM- Diam-diam ternyata Toyota Indonesia sudah melakukan riset mobil listrik, Kijang Innova Electric Vehicle (EV), hampir dua tahun

”Riset dimulai kala Indonesia mulai masuk masa pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat wajib menggunakan masker,” kata Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Indonesia Manufacturing (TMMIN) Bob Azam, Sabtu 2 April 2022.

Mobil konsep Innova EV itu sempat dipamerkan pada acara pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) hybrid 2022 pada 31 Maret. Sosoknya kembali misterius setelah lantai pameran ditutup pada hari itu.

Bob Azam mengatakan mobil itu merupakan unit studi ratusan insinyur Indonesia. Bob juga bilang proyek ini hampir sama seperti riset yang dilakukan Toyota bersama para universitas untuk mengkonversi mobil konvensional menjadi listrik.

Sebelumnya diketahui Toyota telah meriset mobil LCGC Calya menjadi berbasis listrik bersama sejumlah universitas.

Bob melanjutkan mobil listrik Innova yang dipamerkan di Indonesia bukan cuma ada satu. Toyota disebut telah melakukan konversi produk sebanyak lima unit.

Dua di antaranya telah dikirim ke Thailand untuk pengembangan dan uji tahap lain lebih lanjut. “Karena yang membuat dan menguji kendaraan juga harus berbeda,” kata Bob.

Bob melanjutkan Innova EV belum final dan masih berstatus konsep. Produk itu juga masih disempurnakan sebelum Toyota dapat memproduksi dan menjualnya ke pasaran.

Penyempurnaan dilakukan perusahaan pada semua aspek mulai dari teknis kelistrikan, kekedapan kabin, hingga akhirnya mendapat platform yang tepat. Kabarnya Innova listrik akan berganti platform menggunakan basis e-TNGA (Toyota New Global Architecture).

Kehadiran produk tersebut, dikatakan Bob juga sekaligus menepis anggapan bila Toyota ‘antimobil listrik’.

Bob belum dapat memperkirakan kapan Innova listrik masuk ke dalam fase produksi karena semua masih dalam tahap penyempurnaan. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *