by

Trotoar Dipercantik, Banjir di Jalan Raya Margonda Kota Depok Tidak Pernah Tuntas

DEPOKRAYANEWS.COM- Banjir di Jalan Raya Margonda Kota Depok tidak pernah tuntas, meskipun trotoar di jalan utama kota religius itu sudah dipercantik dengan anggaran puluhan miliar.

Setiap hujan deras mengguyur Kota Depok, Jalan Raya Margonda selalu digenangi air alias banjir. Hal itu terjadi kembali pada Senin 8 Mei 2023, ketika hujan deras melanda Kota Depok sekitar pukul 15.00 WIB,

Titik banjir berada di dua ruas Jalan Margonda Raya arah Citayam dan sebaliknya. Banjir setinggi 30 sentimeter itu berada di Plaza Depok dan depan akses Terminal Depok. Banjir juga terjadi kembali di turunan flyover Jalan Arief Rahman Hakim. Ini bukan banjir pertama terjadi di turunan flyover Jalan Arief Rahman Hakim. Tapi sudah berkali-kali sejak 5 tahun terakhir.

Titik banjir juga terlihat di dekat lampu merah Jalan Raya Juanda. Di lokasi ini, nampak beberapa personel dari satuan tugas (Satgas) Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Depok yang tengah menangani titik-titik banjir tersebut.

Ketua RT 001 RW 018 bernama Muslim mengatakan, penyebab banjir yang merendam ruas jalan tersebut karena drainase tidak berfungsi secara maksimal. Sebab, air yang seharusnya mengalir dengan leluasa di drainase itu terhambat oleh sampah yang menyangkut pada kabel-kabel di bawahnya.

“Waktu pembangunan itu banyak kabel juga di bawah trotoar. Jadi, kami kalau mau membersihkan sampah itu susah keangkat karena ada kabel. itu kabelnya besar-besar,” kata Muslim kepada wartawan di lokasi, Senin 8 Mei 2023

Oleh karena itu, kata Muslim, setiap kali hujan mengguyur, wilayah tersebut bakal banjir. “Iya, setiap kali hujan sudah pasti banjir, ini bukan yang sekali. Makanya, kami setiap abis hujan pasti ke sini (mengecek),” kata dia.

Genangan air yang terjadi di sejumlah titik di Jalan Raya Margonda dan Flyover Jalan Arief Rahman Hakim, menyebabkan kemacetan parah di sepanjang Jalan Raya Margonda, mulai dari pintu gerbang masuk Kota Depok. Macet parah juga terjadi di flyover Jalan Arief Rahman Hakim. Ekor kemacetan itu berimbas ke mana-mana. Baik dari arah Citayam, maupun dari arah Universitas Indonesia.

Kasatlantas Polres Metro Depok AKBP Bonifacius Surano mengatakan penyebab kemacetan adalah adanya genangan air di turunan flyover Jl Arief Rahman Hakim. Dia menyebut sudah ke lokasi untuk meninjau langsung kondisi lalu lintas tersebut.

“Iya karena tadi ada genangan di turunan Jalan Arief Rahman Hakim sehingga ngunci sampai M6 lalu ke selatan sampai M2 dan utara M9,” kata Boni kepada wartawan, Senin 8 Mei 2023. (ris)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *