by

Tuntas April 2023, Jokowi Nilai Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung Berkembang Pesat

DEPOKRAYANEWS.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung terhitung cepat dan berkembang sangat pesat. Proyek yang sebelumnya mandek selama enam tahun itu ditargetkan rampung pada April 2023 mendatang.

Menurut Jokowi, proyek sodetan Kali Ciliwung ini dibangun untuk mengendalikan banjir di Jakarta. Pemerintah juga mengendalikan banjir di hulu melalui pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi.

“Di bawah sudah sampai Jakarta masih ada masalah sekarang juga sebentar lagi akan selesai mungkin April insya Allah udah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun,” kata Jokowi usai meninjau proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Timur, Selasa 24 Januari 2023.

Jokowi menyebut hanya dalam satu setengah bulan pembebasan lahan pun bisa dilakukan.”(Kendala) pembebasan. Tadi saya sampaikan. Dikerjakan oleh Pak Gubernur Heru, saya gak tahu pendekatannya apa, tapi selesai. Makanya saya ke sini tadi karena sudah selesai,” kata Jokowi.

Selain membangun sodetan Kali Ciliwung, Jokowi juga meminta Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono untuk menormalisasi sungai seperti Kali Pesanggrahan, Kali Angke, Kali Cipinang, dan lain-lain. Termasuk mulai membangun giant sea wall atau proyek tanggul laut raksasa untuk menangani banjir rob di Jakarta Utara.

“Kalau ini sudah urusannya tinggal yang ketiga urusan pompa yang ada di sungai-sungai dan juga normalisasi Ciliwung, normalisasi sungai-sungai yang ada kali Pesanggrahan, Kali Angke, Kali Cipinang dan kali-kali yang lainnya, juga harus dinormalisasi kalau kita ingin Jakarta tidak banjir,” tambah Jokowi.

Jokowi yakin, jika seluruh upaya tersebut dilakukan secara konsisten, maka masalah banjir di Jakarta pun bisa diselesaikan.

“Masih ada yang namanya banjir rob, giant sea wall, tanggul laut dari atas belum selesai masih dari pantai ke sini belum selesai. Bukan pekerjaan yang mudah. Tapi kalau konsisten kita kerjakan akan mengurangi mengurangi mengurangi sampai nanti akhirnya hilang,” kata Jokowi. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *