by

UI Kembali Dinobatkan Jadi Universitas Terbaik di Indonesia

DEPOKRAYANEWS.COM- Universitas Indonesia (UI) kembali dinobatkan sebagai universitas terbaik di Indonesia oleh EduRank.org. UI menempati posisi pertama dari 562 universitas yang ada di Idonesia. Sedangkan di tigkat Asia, UI berada di posisi 93 dari 5.830 universitas yang ada. Kemudian ditingkat dunia, UI berada di posisi 568 dari 14.131 universitas yang ada.

”UI juga masuk dalam daftar Best Universities versi Pemeringkatan EduRank 2023 yang diikuti oleh 183 negara,” kata Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia dalam keterangan resminya yang diterima, Jumat 7 April 2023.

EduRank membuat pemeringkatan universitas terbaik di dunia berdasarkan reputasi, kinerja penelitian, dan dampak oleh alumni. Dengan menggunakan basis data 1,24 miliar sitasi dari 44,9 juta publikasi ilmiah terindeks, EduRank membuat perangkingan universitas dalam 13 academic field (bidang akademik) dengan 246 cabang keilmuan.

“Dalam pemeringkatan ini, EduRank juga menambahkan indikator keunggulan non-akademis dan popularitas 187.497 alumni,” kata Amelita.

Tiga belas academic field yang dilihat dalam pemeringkatan ini terdiri dari Art & Design, Biology, Business, Chemistry, Computer Science, Economics, Engineering, Environmental Science, Liberal Arts & Social Sciences, Mathematics, Medicine, Physics, dan Psychology.

“Dari 13 academic field tersebut, UI unggul dan menempati posisi 1 di Indonesia untuk 6 academic field, yaitu Business, Computer Science, Economics, Liberal Arts & Social Sciences, Medicine, dan Psychology,” terangnya.

Keunggulan UI di Indonesia berkat capaiannya di bidang publikasi ilmiah yang terindeks mencapai 30.744 dan perkiraan jumlah sitasi dari makalah yang diterbitkan sebanyak 137.195. Penelitian UI masuk di 40 cabang keilmuan dan Medicine menjadi yang tertinggi dengan 8.530 karya ilmiah terindeks.

Prestasi ini diikuti cabang ilmu lainnya dengan jumlah karya ilmiah, yakni Engineering 4.578, Liberal Arts & Social Sciences 4.384, Chemistry 3.517, Business 3.442, Biology 3.203, Physics 2.786, Computer Science 2.320, Materials Science 2.304, dan Environmental Science 2.140.

Penilaian dalam pemeringkatan ini didasarkan pada tiga indikator, yaitu 45 persen research performance (kinerja penelitian), 45 persen non-academic prominence (keunggulan non-akademik), 10 persen alumni score (skor alumni).

“Tiga indikator tersebut memiliki kompleksitas yang cukup tinggi dan merupakan prediktor yang baik untuk posisi universitas dalam pemeringkatan,” kata dia.

EduRank menggunakan database Microsoft Academic sebagai proksi untuk mengambil publikasi ilmiah dan sitasi, lalu menampilkannya dalam bentuk grafik untuk menghitung bobot setiap publikasi. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed