by

UI Masuk 300 Besar Universitas Terbaik di Dunia

Depokrayanews.com- Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking mengeluarkan rilis yang menempatkan Universitas Indonesia (UI) termasuk dalam 300 besar universitas terbaik di dunia.

Di tengah pandemi Covid-19, kerja keras seluruh sivitas akademika UI selama setahun terakhir membawa hasil signifikan sehingga menempatkan UI di ranking 290, naik 15 peringkat dari posisi 305 pada tahun lalu.

QS melakukan penilaian perankingan berdasarkan enam indikator, yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty/Student Ratio, International Faculty Ratio, dan International Student Ratio.

Pencapaian UI tersebut berkat skor tertinggi dalam penilaian Employer Reputation dan International Student Ratio.

Menurut rilis QS, dalam hal Employer Reputation, Universitas Indonesia meraih skor 51.8 sehingga berada di peringkat 166 untuk kategori tersebut. UI telah meningkatkan pengakuannya di antara komunitas akademik global, sehingga menempati ranking 185 atau termasuk di antara 200 teratas untuk indikator Academic Reputation.

UI juga telah meningkatkan kapasitas pengajarannya, diukur menggunakan matriks QS Rasio Fakultas/Siswa. Pada rilis yang sama, disebutkan bahwa banyak negara secara agresif berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, serta menyusun strategi untuk menarik akademisi dan mahasiswa ke universitas mereka. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan tinggi global tetap kompetitif seperti sebelumnya.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, SE, MA, Ph.D., mengatakan, kerja keras UI sangat dibutuhkan karena sebagai world class university, yang ada di depan mata saat ini adalah komunitas perguruan tinggi global. ”Saya sangat berterimakasih kepada semua elemen di UI yang terus berkontribusi memberikan sumbangsih dan bergerak menuju UI yang lebih baik, sekalipun tantangan makin berat,” kata Ari.

Dalam lansekap yang sangat kompetitif ini, kinerja pemecahan rekor yang dicapai oleh pendidikan tinggi Indonesia sangat layak untuk diapresiasi. Dengan siswa yang semakin menuntut pengalaman belajar yang personal, tren peningkatan kapasitas mengajar di Indonesia sangat menjanjikan.

Jika universitas-universitas di Indonesia sekarang dapat bekerja dengan industri dan mitra di seluruh dunia untuk meningkatkan kolaborasi riset dan visibilitas global, maka kemungkinan akan menaikkan peringkatnya di QS World University Rankings.

QS Quacquarelli Symonds adalah penyedia layanan, analitik, dan wawasan terkemuka di dunia untuk sektor pendidikan tinggi global. Misinya adalah memungkinkan orang-orang yang termotivasi di mana pun di dunia untuk memenuhi potensi mereka melalui pencapaian pendidikan, mobilitas internasional, dan pengembangan karier. Portofolio QS World University Rankings, yang diresmikan pada tahun 2004, telah berkembang menjadi sumber data komparatif paling populer di dunia tentang kinerja universitas. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *