by

UI Terima 2.049 Mahasiswa Baru Melalui SNBP dan 410 Lewat Talentscouting 2023

DEPOKRAYANEWS.COM- Universitas Indonesia (UI) mengumumkan 410 calon mahasiswa baru yang lolos seleksi lewat jalur Talentscouting (TS) dari total 1.437 pendaftar.

Sebelumnya, sejumlah 2.049 orang calon mahasiswa baru (camaba) lolos penerimaan masuk melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dari total 29.571 peserta pendaftar SNBP. Hasil SNBP 2023 diumumkan pada 28 Maret 2023 melalui laman pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau penerimaan.ui.ac.id dengan memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si., CPR, mengatakan bahwa pada penerimaan melalui jalur nasional, UI menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Permendikbudristek RI) Nomor 48 Tahun 2022 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. “UI menyediakan 50% dari total daya tampung melalui jalur penerimaan nasional untuk Program Sarjana, Sarjana Terapan dan Diploma 3,” kata Amelita melalui keterangan resminya, Sabtu 1 April 2023.

Dari 2.049 orang yang diterima dari jalur SNBP 2023, berasal dari 821 sekolah yang terdiri dari 657 dari Sekolah Menengah Atas (SMA), 63 dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 91 dari Madrasah Aliyah (MA), dan 10 dari Sekolah Indonesia (Luar Negeri). Selain itu, dari total yang diterima, terdapat 244 orang merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah.

Sementara itu, tahun ini program studi (prodi) yang paling banyak diminati oleh peserta SNBP 2023 adalah Pendidikan Dokter, Ilmu Hukum, Manajemen, Psikologi, dan Akuntansi. Untuk jalur TS, jurusan dengan pendaftar terbanyak adalah Pendidikan Dokter Kelas Internasional dan jurusan dengan terbanyak IPS adalah Ilmu Hukum.

Bagi para calon mahasiswa yang belum berhasil lulus pada SNBP 2023 dapat kembali mencoba kesempatan seleksi UTBK – SNBT yang perdaftarannya masih berlangsung hingga 14 April 2023, dan atau mengikuti seleksi mandiri UI dengan periode pendaftarannya Mei – Juni 2023.

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI Dr. Gunawan, S.T., M.T., mengatakan, calon mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui jalur SNBP 2023, dapat segera menyiapkan dokumen registrasi yang diunggah pada laman penerimaan.ui.ac.id/verifikasi. Verifikasi rapor dilakukan oleh UI berdasar kesesuaian dokumen yang telah diunggah dan hasil verifikasi akan diumumkan pada 6 April 2023 pukul 16.00 WIB. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *