by

Universitas Indonesia Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Kampus UI

Depokrayanews.com- Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar World University Rankings (WUR) 2021 melalui laman https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings.

Universitas Indonesia (UI) berada dalam kelompok peringkat 801 – 1000 dunia dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sebanyak 1.500 Perguruan Tinggi dari 93 negara di dunia masuk ke dalam Pemeringkatan THE WUR 2021. UI merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi dari Indonesia yang masuk ke dalam grup ini.

Lembaga pemeringkatan THE secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar); Penelitian; Transfer dan Sharing Keilmuan serta Cakupan Internasional sebuah universitas.

UI memperoleh total skor 25,1 – 30,1 dengan capaian per indikator yaitu Performa Pengajaran dengan skor: 37,6; Penelitian: 20,7; Performa Sitasi Karya Ilmiah : 15,2 ; Sinergi dunia industri: 84,5 ; dan Cakupan internasionalisasi: 51,3.

Performa UI yang paling menonjol adalah performa sinergi dunia industri.

THE menggunakan indikator ini untuk menilai kemampuan universitas di dalam mendukung industri melalui terobosan inovasi, penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat.

UI fokus agar dapat menjadi think tank serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu penelitian kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, megatakan peringkat itu merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa Indonesia dan UI khususnya, semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia.

Di tengah situasi yang tidak mudah saat ini sebagai dampak dari pandemi Covid-19, UI tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan Covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

”Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri,” kata dia. (ril

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *