by

Update Covid-19: BOR di RSUD Kota Depok Naik 5 Kali Lipat

DEPOKRAYANEWS-COM- Tingkat keterisian tempat tidur perawatan atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 di RSUD Kota Depok meningkat lima kali lipat dibanding beberapa bulan lalu. Bahkan ruang ICU sudah terisi penuh.

“Jumlahnya pasien Covid-19 meningkat lima kali lipat dan ini menjadi perhatian kami dalam penanganan kasus pasien,” kata Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori kepada wartawan, Rabu 2 Februari 2022.

Devi menyebut ruang ICU untuk penanganan pasien Covid-19 di RSUD Kota Depok sudah terisi penuh karena RSUD Kota Depok hanya menyediakan dua tempat tidur.

RSUD Kota Depok telah menyediakan 27 tempat tidur untuk rawat inap pasien Covid-19 dan 17 tempat tidur sudah digunakan oleh pasien Covid -19 yang tengah menjalani isolasi. Ini belum termasuk yang kini dalam proses pemeriksanaan di IGD sebanyak 6 pasien.

Menurut Devi, peningkatan kasus yang menjalani perawatan di RSUD Kota Depok terjadi sejak Januari 2022. “Jumlah pasien Covid-19 pada Desember rata-rata 10 sampai 12 pasien. Tapi pada Januari terjadi peningkatan. Pada hari ini pasien Covid-19 di RSUD Kota Depok yang mendapatkan penanganan sebanyak 28 pasien,” kata Devi.

Apabila kasus Covid-19 terus meningkat dan membutuhkan perawatan, RSUD Kota Depok telah mengantisipasi dengan menambah ruang perawatan. “Jika terjadi lonjakan lagi, pasien lantai delapan akan kami geser ke lantai tujuh dan lantai delapan bisa dioptimalkan untuk perawatan Covid-19,” kata dia.

Opsi penambahan ruangan dan tempat tidur akan melihat kasus per hari lebih dari 10 kasus, RSUD Kota Depok akan membuka lima tempat tidur ICU. Untuk ruangan perawatan di ruang Kenanganan sebanyak 15 tempat tidur, lantai delapan 37 tempat tidur, lantai lima sebanyak 12 tempat tidur, serta ruang BEO Nicu Perina dan kebidanan sebanyak 14 tempat tidur. Apabila kasus per hari lebih mencapai 15 kasus akan disediakan 37 tempat tidur di lantai delapan. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed