by

Ups, Kijang Innova Bakal Hadapi Pesaing Berat, Wuling Victory

Depokrayanews.com- Untuk meramaikan pasar mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), SAIC-General Motor-Wuling (SGMW) merilis Wuling Victory. Mobil keluarga itu pertama kali dijual di negara asalnya, yakni China.

Hal itu diketahui dari infomasi yang diberikan GM Authority. Meski Wuling Victory menggendong sejumlah fitur canggih, namun harga jualnya tetap terjangkau. Tipe terendahnya hanya dilego 85 ribu Yuan atau Rp187 jutaan.

Sedangkan untuk tipe tertingginya dibanderol 116,8 ribu Yuan atau Rp 255 juta. Mobil yang dapat menampung 7 penumpang itu memiliki panjang 4,8 meter, lebar 1,87 meter, dan tinggi 1,7 meter cukup besar untuk jenis MPV.

Wajah Victory sekilas mirip Almaz, namun desain grill trapesiumnya lebih besar dan menonjol. Dimensinya juga terlihat gambot, dengan ukuran kap mesin yang cukup panjang, seakan-akan serasi dengan lekukan bumper depan yang mengalir landai.

Lampu sipit yang bersemayam pada bagian atas hanya sebuah DRL (daytime running light). Sedangkan lampu utama berada di bawah, mengandalkan 4 projector LED. Pada bagian samping, bentuk bodi dan fender cukup seksi untuk sekelas MPV.

Untuk interior desainnya terlihat mewah, dengan memadukan warna krem dan hitam pada door trim, dashboard, hingga konsol tengah. Bentuk dashboard cukup presisi, dan minimalis dengan lubang AC yang pipih pada setiap sisi.

Sistem hiburannya terdapat head unit model floating yang dibuat menonjol sekilas mirip layar hiburan pada jajaran mobil asal Jepang, Mazda. Terdapat twitter pada ujung pilar.

Pada sisi kiri layar hiburannya terdapat tombol start stop engine, artinya MPV asal China itu sudah dibekali kunci pintar atau smart keyless. Melihat dari tampilannya diduga ada beberapa bagian yang dibalut bahan semi kulit.

Memiliki tampilan mewah dengan segudang fitur canggih, Victory digadang-gadang sebagai calon kuat penjegal Toyota Kijang Innova jika masuk pasar Indonesia. Padahal mesin MPV buatan Tiongkok tersebut kapasitasnya lebih kecil.

Mobil keluarga buatan Wuling itu menggendong mesin bensin berkapasitas 1.500cc turbocharger, sehingga tenaga maksimalnya mencapai 145 dk untuk tipe terndah atau disebut Elite, untuk varian tertinggi tenaganya 174 dk.

Sedangkan Kijang Innova yang beredar di Indonesia dibekali mesin bensin 2.000cc. Namun tenaga yang dihasilkan hanya 137 dk, lebih kecil dari Victory. Berbeda dengan Innova diesel 2.400cc, yang dapat memuntahkan tenaga 146,9 dk.

Soal harga, New Kijang Innova tipe standar yang ditawarkan 12 varian dilego mulai Rp 343,8 juta sampai Rp 440,9 juta. Jauh lebih mahal dari Wuling Victory di pasar China.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed