by

Viral, Video Qariah Baca Alquran Disawer Uang di Tangerang, Ketua MUI Geram

DEPOKRAYANEWS.COM- Sebuah video yang memperlihatkan seorang qariah disawer uang oleh beberapa jemaah yang hadir saat sedang membaca ayat suci Alquran viral di media sosial. Peristiwa itu diduga terjadi di Tangerang, Banten, di saat qariah bernama ustazah Nadia Hawasyi tengah melantunkan ayat Alquran di panggung peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Dalam video itu tampak seorang laki-laki naik ke atas panggung dan dengan bangga menyebar uang di depan qariah. Tidak lama kemudian, naik lagi seorang laki-laki dengan lancang menyelipkan uang di kerudung qariah. Kemudian diikuti seorang ibu yang menaruh uang di depan qariah.

Aksi itu mendapat banyak kecaman dari sejumlah pihak. Bahkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Cholil Nafis geram melihat video itu. Cholil menilai saweran uang kepada qari atau qariah merupakan cara yang salah dan tak menghormati majelis.

“Ini cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan,” kata Cholil dalam akun Twitternya @cholilnafis, Kamis 5 Januari 2023.

Cholil meminta agar acara dan perbuatan sawer uang ke qari seperti demikian bisa dihentikan. Ia juga berharap para ulama dan tokoh masyarakat untuk menolak tradisi seperti demikian.

“Jangan menganggap ini tradisi yang baik. Jelas cara ini bertentangan dengan ayat-ayat yang dibaca qoriah,” kata dia.

Cholil juga meminta agar qari atau qariah mengambil sikap untuk berhenti membaca ayat suci Alquran bila tindakan sawer itu terjadi.

“Harus dilarang oleh panitia, dan qariah mengambil tindakan berhenti membaca sbg protes, bahkan keluarganya bisa mencegahnya,” kata dia. (ris/ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *