by

Virus Corona Penyebab Covid-19 Subvarian BN.1 Merebak di 30 Negara

DEPOKRAYANEWS.COM- Virus corona penyebab Covid-19 subvarian BN.1 kini tengah menjadi perbincangan. Meski belum terdeteksi di Indonesia, namun masyarakat tetap perlu mewaspadai ciri-ciri Covid-19 BN.1.

BN.1 sendiri sebenarnya merupakan subvarian atau mutasi dari varian Omicron. Nama terakhir merupakan varian SARS-CoV-2 yang kini tengah mendominasi di meningkatnya angka penularan.

Subvarian satu ini telah ditemukan di lebih dari 30 negara. Termasuk di antaranya Amerika Serikat, Austria, Australia, Inggris, India hingga Korea Selatan.

Gejala Covid-19 BN.1 pada umumnya mirip dengan yang ditimbulkan infeksi varian Omicron lainnya. Dilaporkan, gejala yang muncul tergolong ringan-sedang.

Tubuh yang tiba-tiba lemas menjadi salah satu gejala Covid-19 varian terbaru yang perlu diwaspadai.

Berikut beberapa ciri-ciri Covid-19 BN.1, merangkum berbagai sumber.

1. Tiba-tiba lemas
Kelelahan atau tubuh yang terasa lemas jadi salah satu gejala yang muncul dari subvarian ini. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tubuh yang tiba-tiba menjadi lemas atau mudah lelah setelah beraktivitas.

Rasa lemas ini muncul akibat sistem kekebalan yang tengah bekerja melawan virus yang menyerang tubuh.

2. Batuk
Bukan rahasia lagi, batuk jadi gejala Covid-19 di setiap subvarian. Batuk jadi tanda tubuh tengah berusaha mengeluarkan partikel asing melalui saluran napas atau tepatnya tenggorokan.

Namun, batuk yang dipicu infeksi SARS-CoV-2 biasanya berbeda dengan flu atau salesma. Pada kasus Covid-19, batuk yang muncul cenderung kering. Hal ini berbeda dengan batuk pada flu yang cenderung berdahak.

3. Pilek
Mirip dengan penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) lainnya, Covid-19 juga memicu timbulnya pilek. Kondisi ini biasanya ditandai dengan bertambahnya produksi lendir di hidung dan perasaan ada yang tersumbat hingga membuat pasien tak nyaman saat bernapas.

4. Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan umumnya muncul akibat betuk kering. Batuk jenis ini akan menimbulkan rasa nyeri sekaligus gatal di tenggorokan.

5. Sakit kepala
Gejala Covid terbaru lainnya adalah sakit kepala. Pada kasus ini, sakit kepala akan timbul menyerupai sensasi berdenyut yang dalam beberapa kasus disertai pusing.

Sakit kepala terjadi akibat reaksi peradangan di dalam tubuh saat virus menyerang.

6. Nyeri otot
Nyeri otot jadi keluhan pasien yang paling dominan saat ini. Sama seperti sakit kepala, nyeri otot terjadi karena peradangan yang tengah terjadi di dalam tubuh.

7. Demam
Ciri-ciri Covid-19 BN.1 yang terakhir adalah demam. Anda perlu waspada jika suhu tubuh melebihi 37,5 derajat Celcius. (ril/cnn)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *