Visum Terhadap Korban Kekerasan Bisa Dilakukan secara Gratis di Puskesmas

Sebarkan :

 

 

Lies Kadinkes Depok

Depokrayanews.com- Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Noerzamanti Lies Karmawati mengatakan visum terhadap korban kekerasan bagi warga Depok dapat dilakukan di Puskesmas dan di RSUD Depok secara gratis.

“Kami menyediakan fasilitas untuk visum, namun kembali lagi ke korban ingin visum di mana. Kalau di puskesmas gratis karena dibiayai pemerintah, ” Lies di Depok, Kamis (14/7/2016). Visum dapat dilakukan jika ada surat permohonan visum dari kepolisian, dengan tandatangan minimal berpangkat sersan. ‘’Jadi bukan korban yang minta tapi polisi, dan korban harus melapor terlebih dahulu baru visum. Hasil visum itu nantinya diserahkan kepada polisi, bukan kepada korban,’’ kata dia.

Selain itu, di puskesmas juga bisa melakukan visum et refertum atau melihat sesuatu dengan mata telanjang. Misalkan, orang dipukul ada bekas memarnya, itu bisa di puskesmas. Begitu pun dengan korban kekerasan seksual bisa dilakukan di puskesmas, dan semua dokter bisa melakukannya.

Menurut Lies, dokter yang melakukan visum itu akan mendapatkan kredit poin yang besar untuk kenaikkan pangkatnya, sehingga  semua dokter mau melakukan visum, dan sudah jadi kewajiban dokter. (ril)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Afifah Alia Bertemu Istri Satpol PP Kota Depok yang Tersengat Listrik

Depokrayanews.com- Calon Wakil Walikota Depok, Afifah Alia mengunjungi keluarga Rizky, anggota Satpol PP yang tengah ...