by

Wakil Menteri BUMN Sebut BRI dan BNI akan Hengkang dari BSI

DEPOKRAYANEWS.COM- PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Nasional Indonesia Tbk (BNI) akan hengkang dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan kini tengah dibahas Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Kementerian, kata dia, telah membuka pembicaraan dengan investor potensial untuk menggantikan posisi BNI dan BRI. Kementerian BUMN berharap bisa masuk investor perbangkan global sehingga BSI naik menjadi bank berkelas dunia.

“Ini akan kita lihat peluang pasarnya. Apabila BNI dan BRI mulai exit, kira-kira siapa yang bisa menggantikan dan berapa besar size-nya,” kata Tiko, panggilan akrab Kartika Wirjoatmodjo seperti dikutip dari Antara, Kamis 16 Februari 2023.

Menurut Tiko, BNI hanya menggunakan separuh haknya pada aksi right issue BSI yang dilakukan Desember 2022. Sedangkan, BRI tidak menggunakan haknya sama sekali pada aksi penguatan modal tersebut.

Akibatnya, kepemilikan saham BNI di BSI menyusut dari 24,85 persen menjadi 23,24 persen. Sementara, kepemilikan saham BRI juga turun dari 17,25 persen menjadi 15,38 persen.

Sebelumnya, BSI mencatatkan laba bersih Rp4,26 triliun sepanjang 2022 atau tumbuh 40,68 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan pertumbuhan laba tersebut diiringi dengan peningkatan aset bank dengan kode emiten BRIS yang saat ini mencapai Rp305,73 triliun atau tumbuh 15,24 persen secara tahunan (yoy).

Selain itu, pencapaian laba bersih juga ditopang oleh pertumbuhan bisnis yang sehat dari segmen retail dan wholesale. Kemudian juga didukung oleh peningkatan dana murah, kualitas pembiayaan yang baik, efisiensi, dan efektivitas biaya serta fee based income (FBI).

Peningkatan laba bersih juga didorong oleh pencapaian kinerja penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp261,49 triliun yang tumbuh 12,11 persen (yoy) dan pembiayaan yang tumbuh 21,26 persen (yoy) menjadi Rp207,7 triliun.

Bank Syariah Indonesia adalah bank yang bergerak di bidang perbankan syariah. Bank ini diresmikan pada tanggal 1 Februari 2021 pukul 13.00 WIB atau bertepatan dengan tanggal 19 Jumadil Akhir 1442 H. Bank ini merupakan hasil penggabungan antara Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRIsyariah. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *