by

Wakil Walikota: Tradisi Lebaran Depok Warisan Budaya yang Harus Dilestarikan

DEPOKRAYANEWS.COM- Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, Indonesia mempunyai banyak warisan budaya dari berbagai daerah dengan ciri khas berbeda, termasuk Kota Depok. Menurutnya, tradisi Lebaran Depok merupakan salah satu warisan budaya yang patut dilestarikan.

“Lebaran Depok adalah peninggalan nenek moyang yang sudah dilakukan sejak dahulu, kini kita harus lestarikannya agar dikenal banyak orang,” kata Imam saat membuka acara Pasar Pengabisan dalam rangkaian Lebaran Depok, di Perumahan Shila At Sawangan, Sabtu 4 Juni 2022.

Menurut Imam, ada beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam melestarikan budaya Depok. Di antaranya, mempelajari budayanya dan mendalami atau mengikuti setiap kegiatan yang berhubungan dengan budaya Depok.

“Salah satunya Lebaran Depok ini. Semua warga Depok datang dan ramaikan. Banyak produk asli Depok seperti tape uli, dodol, asinan dan lain sebagainya,” kata dia.

Setelah mempelajari dan mengenal budaya Depok, cara lain yang dapat dilakukan adalah memperkenalkan budaya dengan berbagai macam metode agar diketahui secara luas. Misalnya memasukkan seni beladiri pencak silat ke dalam esktrakurikuler di sekolah.

Budaya, kata dia, harus mempunyai identitas. Identitas Budaya Depok dapat dilihat dari peci atau kopiah dan batik. Kota Depok banyak memiliki motif batik khas, salah satunya Gong Si Bolong. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *