by

Wali Kota Depok Minta Dewan Kebudayaan Depok Rangkul Semua Pelaku Seni Budaya

DEPOKRAYANEWS.COM- Wali Kota Depok, Mohammad Idris meresmikan Gedung Taman Musik Depok sekaligus mengukuhkan Dewan Kebudayaan Kota Depok yang diketuai Awaluddin Faj.

Menurut Idris, Wali Kota Depok, awalnya Taman Musik Depok (Tamude) yang terletak di Jalan Merdeka, Kelurahan Abadijaya itu merupakan sebuah komunitas seni musik yang memanfaatkan Gedung Pemuda untuk tempat berlatih selama bertahun-tahun.

”Berangkat dari situ, Pemerintah Kota Depok kemudian membangun sebuah gedung untuk memfasilitasi mereka mengembangkan kreativitasnya di bidang seni. Harapannya gedung Tamude ini bisa dimanfaatkan untuk event-event musik yang mendidik,” kata Idris seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Kamis 26 Januari 2023.

Gedung berkapasitas 150 penonton ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelaku seni budaya, tidak hanya seni musik. Agar seluruh kebudayaan seni di Kota Depok semakin dikenal dan berkembang. Idris ingin agar gedung Tamude itu bisa dibangun di beberapa tempat.

Gedung Tamude ini dibangun oleh Pemerintah Kota Depok dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 senilai Rp 5,8 miliar.

Selain peresmian gedung Tamude, Idris mengukuhkan Dewan Kebudayaan Kota Depok yang sudah ada sejak tahun 2022 lalu. Idris berharap Dewan Kebudayaan menjadi motor penggerak bagi pelaku seni budaya di Kota Depok.

Idris minta Dewan Kebudayaan itu dapat berkolaborasi dengan seluruh pelaku seni budaya dengan beragam etnis dan sukunya, sehingga nilai kebudayaan di Kota Depok memiliki kekhasan.

“Sesuai Perda Kebudayaan jati diri budaya Kota Depok adalah Betawi Depok yang merangkum seluruh kebudayaan yang ada. Ada Sunda, Jawa, Gunung Kidul luar biasa di Depok bahkan Reog Ponorogo juga. Banyak pelaku seni dari berbagai daerah ngumpul di Depok, Itu yang kita kembangkan,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *