by

Wali Kota Depok Tunda Alih Fungsi Lahan, Siswa Bisa Kembali Bersekolah di SDN Pondok Cina 1

DEPOKRAYANEWS.COM- Wali Kota Depok Mohammad Idris akhirnya menunda rencana alih fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 di Jalan Raya Margonda menjadi lokasi masjid raya setelah kencangnya desakan untuk pemerintah membatalkan rencana itu dari berbagai pihak, termasuk dari pemerintah pusat.

“Pembangunan masjid di (lahan) SDN Pondok Cina 1 untuk sementara ditunda sampai dengan seluruh siswa SDN Pondok Cina 1 dapat direlokasi ke satu sekolah yakni SDN Pondok Cina 5,” ujar Idris dalam keterangan resmi, Rabu 14 Desember 2022.

Idris mengakui keputusan penundan itu sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan Pemkot Depok dengan Menko PMK, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ombudsman RI dan memperhatikan surat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dinamika sosial yang berkembang di SDN Pondok Cina 1, kata dia, juga turut menjadi alasan dalam memutuskan penundaan ini.

Selain itu, Idris juga mengizinkan siswa kembali bersekolah di SDN Pondokcina 1 dan difasilitasi oleh guru-guru seperti semula.

“Bagi siswa SDN Pondok Cina 1 yang masih belajar di lokasi tetap akan difasilitasi belajar-mengajar (sediakan guru) di lokasi. Sedangkan siswa yang sempat pindah ke SDN Pondok Cina 3 dan 5, diperkenankan kembali ke SDN Pondok Cina 1, sesuai kenyamanan para siswa,” kata Idris.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga telah menunda pencairan anggaran pembangunan masjid raya di kawasan itu. Ridwan Kamil meminta persoalan alih fungsi itu diselesaikan terlebih dahulu. Rencananya, biaya pembangunan masjid raya itu ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya Pemkot Depok telah melakukan pertemuan dengan 4 kementerian dan 3 lembaga pemerintah untuk membahas polemik relokasi SDN Pondok Cina 1. Pertemuan itu melibatkan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Kemendagri RI, Kemenko PMK, Kementerian PPPA, Direktorat SD KemendikbudRistek, Itjen Kemendikbud Ristek, Ombudsman RI, dan Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN).

Idris mengatakan bahwa lembaga-lembaga tersebut bermaksud memberikan masukan dalam penyelesaian polemik relokasi siswa SDN Pondok Cina 1.

“Di awal pembicaraan, saya sebagai wali kota mempertanyakan maksud tujuan kedatangannya,” ujar Idris di Balai Kota Depok, Selasa 13 Desember 2022.

Pada dasarnya, Idris menegaskan apa yang menjadi masukan dari lembaga-lembaga itu telah disepakati bahkan sudah dilaksanakan di kepemimpinannya. “Intinya (mereka) meminta penyelesaian masalah SDN Pondok Cina 1 ini difokuskan kepada kepentingan anak. Sehingga solusi permasalahan ini untuk anak, itulah pesannya,” kata dia. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed