by

Walikota Bayangkan Lebaran Depok Seperti Pekan Raya Depok

Walikota Depok, Mohammad Idris pada acara Lebaran Depok.

DepokRayanews.com- Walikota Depok, Mohammad Idris, menyambut baik kegiatan Lebaran Depok karena dapat menjadi awal berkembangnya budaya lokal Depok yang berasal dari Budaya Betawi.

Menurut Idris, Lebaran Depok akan menjadi pembahasan lebih lanjut agar diagendakan secara rutin oleh pemerintah. Sekaligus juga akan dikaji lebih dalam lagi agar dapat dijadikan muatan lokal yang ada di Kota Depok.

“Bisa saja dari sisi kesenian dan beladiri silat Depok, agar dapat menjadi ekstrakurikuler di sekolah-sekolah yang ada di Kota Depok. Sangat bisa kita ajukan di Jawa Barat,” kata Idris pada acara Lebaran Depok, Sabtu (6/7/2019) malam.

Bukan hanya dari sisi memperkenalkan kebudayaan di era milenial. Lebaran Depok juga dapat menjadi tempat masyarakat berkumpul dan bersilaturahmi. Misalnya, dengan tradisi rantangan yang menjadi ciri khas dari Lebaran Depok. Bahkan Lebaran Depok juga menghidupkan ekonomi masyarakat. ”Saya membayangkan acara ini menjadi Pekan Rayanya Depok,” kata Idris.

Menurut Idris, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Jawa Barat No 5 Tahun 2003, ada tiga suku asli di Jawa Barat yaitu suku Betawi yang berbahasa Melayu dialek Betawi, suku Sunda yang berbahasa Sunda, dan suku Cirebon yang berbahasa Cirebon.

Lebaran Depok pada Sabtu malam dimeriahkan dengan pesta kembang api yang membuat langit di sekitar wilayah Sawangan berwarna-warni. Usai memberikan kata sambutan Walikota Depok pun didaulat menyanyikan dua lagu betawi. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *