by

Walikota Depok Kembali Sampaikan Gagasan Jakarta Raya

DEPOKRAYANEWS.COM- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung istilah ‘SCBD’ atau Sudirman, Citayam, Bojong Gede, Depok, setelah ramai fenomena anak muda dari daerah Citayam berkumpul ke kawasan Sudirman dan Taman Dukuh Atas.

Karena itu, Walikota Depok Mohammad Idris mengusulkan daerah pinggiran Jakarta disatukan menjadi Jakarta Raya. “Satu ide saya kalau mau sukses pembangunan Jakarta dan sekitarnya satukan Jakarta Raya,” kata Idris setelah meninjau pemotongan kurban di Jalan H Icang, Kelurahan Tugu, Cimanggis, Minggu 10 Juli 2022.

Menurut Idris, permasalahan yang ada di daerah penyangga Jakarta mudah terselesaikan jika kawasan tersebut digabung. Ia juga menyebut peran satu gubernur untuk penggabungan wilayah itu.

“Masalah banjir, masalah apa bisa selesai semua. Kalau satu gubernur Jakarta Raya,” kata Idris.

Idirs juga pernah menyampaikan keinginannya Depok masuk wilayah Jakarta. Namun Idris tak menjelaskan secara rinci alasan di baliknya.”Depok masuk Jakarta,” kata dia.

Seperdi diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempersilakan masyarakat dari kalangan mana pun menyambangi Taman Dukuh Atas, Jakarta Pusat, usai fenomena remaja Citayam dan Bojong Gede ‘menguasai’ kawasan itu. Anies mengistilahkannya sebagai demokratisasi Jalan Sudirman.

“Sebagai sebuah pengalaman, siapa saja silakan datang. Saya mengistilahkan demokratisasi Jl Jenderal Sudirman. Karena menjadi milik semua siapa saja bisa datang menikmati dan orang tua bawa anak-anak jalan sambil dengan mudah mereka bilang, Nak, kau belajar yang rajin, biar suatu saat kau bisa kerja di gedung ini,” kata Anies di Thamrin Nine, Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Menurut dia, kawasan Taman Dukuh Atas mesti dijadikan sebagai ruang ketiga milik bersama, bukan hanya milik para pekerja gedung-gedung pencakar langit di Sudirman semata. Menurutnya, kawasan itu bisa dinikmati masyarakat dengan berbagai cara tanpa membedakan status ekonomi. ”Yang penting jaga kebersihan, jaga ketertiban selebihnya nikmati ruang ketiga bersama untuk semuanya,” kata Anies. (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *