by

Walikota Depok: Kenakalan Remaja Harus Ditangani Lebih Serius

Walikota Depok Mohammad Idris ketika membuka sosialisasi PIK R di Balaikota Depok.
Walikota Depok Mohammad Idris ketika membuka sosialisasi PIK R di Balaikota Depok.

DepokRayanews.com- Walikota Depok Mohammad Idris membeberkan penyebab terjadinya kenakalan remaja.

Menurut Idris, kenakalan remaja itu tidak semata-mata karena kesalahan anak itu sendiri, tapi sangat dipengaruhi banyak faktor.

“Kenakalan remaja itu karena pengaruh lingkungan. Bisa karena faktor orangtua, teman, atau bisa juga karena kami di pemerintah yang kurang memberikan perhatian terhadap remaja, ” kata Idris ketika membuka acara edukasi terhadap 200 guru bimbingan konseling (BK) yang diselenggarakan Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Selasa (10/4/2018).

Walikota Depok menyebut acara bertajuk “Generasi Berencana: Saatnya Remaja Merencanakan Masa Depan” itu sangat penting karena tantangan bagaimana mengatasi kenakalan remaja sangat luar biasa.

Idris kemudian menyebut kalau ada kasus anak usia 8 tahun sudah berzina. Tanpa menyebut lokasi kejadian, Idris mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi karena dampak teknologi. “Setelah ditanya rupanya si anak terpengaruh setelah menonton vidio yang ada di HP orangtuanya, ” kata Idris.

Menurut Idris pada dasarnya anak dilahirkan dalam keadaan lurus. Dalam keadaan kreatif. “Tapi kemudian mereka tidak lurus lagi, tidak kreatif lagi karena pengaruh lingkungan, ” kata Idris.

Karena itu, Idris berharap penanganan kenakalan remaja harus dilakukan lebih serius.

Bahkan Idris menyebut kurikulum agama di sekolah harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa saat ini.

Acara itu menghadirkan pembicara pakar psikologi Dr. Muhammad Iqbal dan ahli kesehatan dr. Dewi Inong Irana, SpKK. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *