by

Walikota Depok Lantik 630 Anggota Linmas

Walikota Depok lantik anggota Linmas.

DepokRayanews.com- Walikota Depok Mohammad Idris melantik 630 anggota Linmas di Hotel Bumi Wiyata Kota Depok, Selasa 4 Februari 2020. Anggota Linmas tersebut nantinya akan dilibatkan dalam pengaman Pilkada Depok pada 23 September 2020.

“Saya berharap anggota Linmas tersebut mampu membantu TNI dan Polri untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkada di wilayahnya masing-masing,” kata Idris.

Menurut Idris, jumlah anggota Linmas untuk setiap kelurahan 10 personel. Mereka mayoritas merupakan anggota kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas).

Untuk pengendaliannya, Linmas di bawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok. Hal ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Satuan Perlindungan Masyarakat.

Fungsi linmas, antara lain membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat. Membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam, yang mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda.

Kemudian membantu membina masyarakat untuk meningkatkan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan. Fungsi linmas juga memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah/desa, kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum. Perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan didesa/kelurahan. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed