by

Walikota Depok Larang Warganya Laksanakan Takbir Keliling

DEPOKRAYANEWS.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang pelaksanaan takbir keliling, saat merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah. Silakan melakukan takbiran di masjid atau mushalla di lingkungan masing-masing.

“Saya meminta warga masyarakat untuk tidak melaksanakan takbir keliling,”seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Depok, Minggu 1 Mei 2022.

Selain takbir keliling, Pemkot Depok juga melarang adanya kegiatan pasar tumpah, karena berpotensi menimbulkan kerumunan dan kemacetan lalu lintas.

Larangan itu kemudian ditegaskan dalam Surat Edaran (SE) Walikota Depok nomor: 451/222-Huk tentang Penyelenggaraan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dalam situasi Pandemi Covid-19.

Walikota juga melarang pejabat di lingkungan Pemkot Depok mengadakan kegiatan open house. “Saya meminta Para pejabat untuk tidak mengadakan open house di saat hari raya lebaran Idul Fitri 1443 H,” tegasnya.

Menurut Idris, SE mengacu kepada Keputusan Presiden dan Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang PPKM yang berlaku hingga 9 Mei 2022. Selain itu terdapat aturan pada SE Menteri Agama dan himbauan Dewan Pimpinan MUI tentang pelaksanaan ibadah pada masa pandemi Covid-19.

“Mengenai pasar tumpah saya tegaskan lagi itu dilarang karena dapat menimbulkan kerumunan masyarakat. Jika tak ditaati, maka kami akan mengambil tindakan hukum bagi penyelenggara pasar tumpah,” tegas Idris.

Sedangkan untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri, kata Idris, dapat dilaksanakan di masjid maupun lapangan terbuka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes). (ril)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed