Walikota Depok Sempat Mencanting di Stand Kombad

Sebarkan :

 
Walikota Depok menerima cendera mata berupa canting dari Ketua Kombad Ambar Lulis.

Walikota Depok menerima cendera mata berupa canting dari Ketua Kombad Ambar Lulis.

Depokrayanews.com- Festival UMKM 2017 dibuka Walikota Depok, Mohammad Idris, di halaman Balaikota Depok, Kamis (20/4/2017).

Festival yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Pemkot Depok diikuti puluhan pengusaha UMKM.

Salah satu yang menarik perhatian Walikota Depok adalah kehadiran komunitas UMKM yang baru. Namanya Komunitas Batik Depok (Kombad).

Pada pidato pembukaan berkali-kali walikota menyebut nama Kombad. Bahkan walikota sempat mencari pengurus Kombad. “Oh, lagi jualan di stand ya,” kata walikota ketika disebutkan pengurus Kombad ada di stand.

Tadinya walikota tidak akan berkeliling melihat stand karena ada agenda lain yang menunggu. “Saya minta pak asisten dan kepala OPD mewakili saya meninjau stand-stand yang ada. Tapi jangan hanya sekedar melihat, tapi beli,” kata Idris. “Harus digalakan gerakan beli produk Depok,” kata Idris. Terang saja, pernyataan walikota itu disambut tepuk tangan yang meriah.

Usai berpidato dan memukul beduk bertanda dimulainya festival itu, Kepalda DKUM Fitriawan langsung menggiring walikota ke salah satu stand.

Dari satu stand akhirnya walikota berjalan ke stand lain. Tapi begitu sampai di stand Kombad, walikota banyak melihat produk-produk batik. termasuk kain batik.

Walikota Depok Mohammad Idris belajar membatik dengan Ketua Kombad

Walikota Depok Mohammad Idris belajar membatik dengan Ketua Kombad

Walikota kemudian mendapat penjelasan soal batik dari Ketua Kombad, Ambar Lulis. Sambil memegang salah satu kain batik pewarna alam, Ambar menjelaskan proses membatik kepada walikota, termasuk proses mencanting.

Walikota kemudian menyatakan ingin mencoba mencanting. Akhirnya canting diberikan kepada walikota. Bak pencanting, sambil duduk walikota menempelkan canting ke cat lalu menorehkan canting ke atas kain yang sudah diberi gambar kipas. “Wah, asik juga ternyata,” kata walikota

Walikota mengatakan budaya mencanting ini harus dilestarikan dan diajarkan ke anak-anak muda supaya batik tulis tetap bertahan.

Walikota Depok melihat stand Kombad

Walikota Depok melihat stand Kombad

Sebelum keluar dari stand, walikota masih saja bertanya soal batik kepada Ambar. Walikota kemudian diberikan kenang-kenangan berupa canting yang sudah dibingkai. Hampir 15 menit walikota di stand Kombad.

Lalu apa komentar Ketua Kombad atas perhatian walikota terhadap batik? “Kami sangat senang dan berterimakasih walikota sudah datang ke stand Kombad bahkan pak wali sempat mencoba mencanting,” kata Ambar.

Pembatik pewarna alam ini berharap Walikota Depok memberikan perhatian dan dukungan terhadap industri batik tulis dan batik cetak di Depok. “Mudah-mudahan ini langkah awal yang baik untuk perkembangan industri batik di Kota Depok,” kata Ambar. (and)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mobil Terlaris Sepanjang Agustus, Nissan Geser Daihatsu

Depokrayanews.com- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merilis data wholesales (pabrikan ke dealer) sepanjang Agustus ...