by

Wamenag Beri Sinyal Idul Fitri 1443 H Jatuh pada 2 Mei, Sama dengan Muhammadiyah

DEPOKRAYANEWS.COM- Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi mengatakan ada kemungkinan Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 H akan jatuh pada tanggal 2 Mei 2022, sama dengan Muhammadiyah.

“Iya, Insy Allah mudah-mudahan lebaran ini bisa bersama-sama. Mudah-mudahan untuk lebaran ini kita bisa bersama-sama umat Islam,” kata Zainut di Kantor Kemenag RI, Jakarta Pusat, Senin 25 April 2022.

Zainut menilai ada kemungkinan ketinggian hilal saat sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1443 H atau pada 1 Mei 2022 mendatang sudah di atas 3 derajat.

Ketinggian hilal itu sudah sesuai dengan kriteria baru yang ditetapkan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) di atas 3 derajat dalam menentukan awal bulan Hijriah.

Kriteria baru MABIMS dijelaskan imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Kriteria ini pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni tinggi hilal 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

“Kalau melihat ukuran dari hilal, posisi hilal sudah di atas 3 derajat memungkinkan bisa di rukyat,” kata dia.

Soal adanya kelompok Islam lain yang berbeda dalam menetapkan 1 Syawal 1443 H, Zainut mengatakan Kemenag selama ini sudah memberikan panduan. Kemenag ingin semuanya dilakukan sesuai kaidah.

“Kita lakukan pendekatan dakwah dengan baik. Untuk mereka bisa memiliki pedoman perhitungan baik awal Ramadan maupun awal Syawal, memastikan semuanya itu harus sesuai kaidah fiqh,” kata dia. (mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *