by

Warga Perumahan Bukit Rivaria Sawangan Bentuk Forum Komunikasi

Depokrayanews.com – Warga Perumahan Bukit Rivaria, Sawangan, Kota Depok membentuk Forum Komunikasi Warga Rivaria (FKWR), yang akan menjadi wadah komunikasi dan silaturahmi non profit oriented.

Meski baru terbentuk, FKWR yang diketuai Gledek Aria Sulaksana itu, langsung menggelar rapat kerja perdana di Kafe Ngopi Dulu Yuk yang ada di komplek perumahaan itu, Minggu 18 Oktober 2020 siang.

Raker itu, dihadiri 42 orang perwakilan warga, Ketua RT, Ketua RW, dan tokoh masyarakat. Lurah Bedahan, Hasan juga hadir bersama Babinsa dan Kamtibmas Bedahan. Pembukaan raker ditandai dengan penyerahan rompi FKWR dari Lurah Bedahan kepada ketua FKWR, Gledek Aria Sulaksana.

Ari, -sapaan Gledek Aria Sulaksana, menyebut FKWR terbentuk atas dasar keprihatinan melihat perkembangan Perumahan Bukit Rivaria yang dibangun sejak Tahun 1995, tapi sampai Tahun 2020, prasarana, sarana dan utilitas (PSU) nya belum diserahkan kepada Pemkot Depok. Jalan mulai rusak, penerangan jalan umum banyak yang mati, kasus pembegalan terjadi dan sampah menumpuk di pinggir jalan utama.

Warga tidak bisa mengajukan pemeliharaan PSU kepada Pemkot Depok karena PSU belum diserahterimakan. Sementara di sisi lain, pihak developer tidak bisa memberikan perhatian karena pembangunan perumahan sudah selesai dan semua rumah sudah terjual.

Sejumlah RW di Perumahan Bukit Rivaria beberapa kali pernah mengajukan program pemeliharaan dan perbaikan PSU dalam Musrenbang kelurahan, dan kecamatan tapi selalu ditolak dengan alasan PSU Perumahan Bukit Rivaria belum diserahkan ke Pemkot, sehingga masih menjadi tanggungjawab developer.

”Akhirnya, atas inisiator beberapa orang, kami membentuk pagayuban bernama FKWR. Dengan wadah ini kami kemudian berkomunikasi dengan pihak developer dan Walikota Depok Mohammad Idris dan dinas terkait. Alhamdulilah responnya sangat bagus,” kata Ari.

Setelah melalui beberapa kali berpetemuan dengan pihak developer dan dinas terkait di Pemkot Depok, dalam tempo 2 bulan, semua proses serahterima PSU dari pihak developer kepada Walikota Depok selesai. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Walikota Depok, developer dan dinas terkait yang sudah membantu proses serahterima PSU.,” kata Ari.

Sejak itu, Pemkot Depok mulai memberikan perhatian ke Perumahan Bukit Rivaria, sesuai permintaan dari FKWR. Misalnya, pengangkatan sampah yang menumpuk, perbaikan gorong-gorong yang amblas dan perawatan jalan utama yang akan diperbaiki dalam waktu dekat.

”Pihak Dinas PUPR sudah memberi kabar bahwa perbaikan jalan yang rusak segera dilakukan, meskipun bentuknya berupa perawatan ringan, seperti penambalan jalan berlubang. Kemudian penerangan jalan umum sudah berfungsi semua, sehingga jalan utama komplek perumahan sudah terang benderang,” kata Ari.

Raker yang berlangsung setengah hari itu, melengkapi susunan kepengurusn FKWR yang melibatkan 17 RT dan 4 RW di semua sektor di Perumahan Bukit Rivaria. Selain dewan penasehat, dan pengurus inti, FKWR juga dilengkapi beberapa bidang yang terkait dengan kepentingan umum. Masing-masing bidang sudah membuat program kerja yang akan dilaksanakan.

Berikut susunan pengurus FKWR:
Penasehat: Lurah Bedahan, Babinsa, Kamtibmas, Ketua LPM Bedahan dan Despandri
Ketua: Gledek Aria Sulaksana
Sekretaris: Herlambang
Bendahara: Gatot Tri Susilo
Kabid Sarana Prasarana: Budi Salman
Kabid PJU: Sony BAW
Kabid Lingkungan Hidup dan Kebersihan: Mad Soleh
Kabid Hukum dan Advokasi : Mujahid A.Letief
Kabid UMKM: Casrudin
Kabid Humas: Haryo Ristamaji
Kabid Umum : Amaz
Kabid Keamanan: Ode Nurdin
Kepala sekretariat: Tito.
(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *