Warganet Marah Subscene.com Diblokir Kominfo

Sebarkan :

 

Depokrayanews.com- Warganet marah karena situs penyedia layanan subtitle, Subscene,com, diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tanpa alasan yang jelas.

Sejak dua pekan lalu, situs penyedia subtitle untuk film berbahasa asing itu sudah tak dapat diakses. Apabila alamat situs www.subscene.com diklik maka yang muncul adalah label Internet Positif.

“Situs yang kamu tuju tidak dapat diakses karena bermuatan negatif,” demikian isi pesan yang tertera dalam layar ketika membuka subscene.

Mengetahui hal ini, warganet pun berbondong-bondong melampiaskan kekesalannya di media sosial. Mereka kesal lantaran situs tersebut diblokir tiba-tiba ketika negara sedang dalam situasi wabah.

“Lol subscene diblokir. Orang-orang lagi rame COVID-19 ini Kominfo justru blokir subscene. Indonesia juara dagelan emang,” tukas @Tutski via Twitter.

Padahal, saat ini sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu di rumah guna mematuhi anjuran physical distancing yang digalakkan pemerintah.

Salah satu hiburan yang dapat dilakukan di rumah adalah menonton film. Namun, sejak subscene diblokir, menonton film asing menjadi lebih sulit.

“Yak, subscene diblokir oleh Telkomsel dan Indihome. Congrats guys, Anda membuat #dirumahaja menjadi lebih sulit,” kata akun @pepeishaam.

Sementara itu, menurut akun @K_DramaIndo, situs subscene masih bisa diakses menggunakan provider Tri.

“Subscene kena Internet Positif? Ga bisa diakses lagi? Udah diblokir pemerintah? Tenang, masih bisa pakai VPN atau provider yang enggak kena blokiran gaes. Mimin pakai Tri dan masih baik-baik saja,” tulisnya.

Namun, tak lama kemudian provider tersebut juga memblokir akses menuju subscene.

“Gara-gara pamer ke netijen kalau Tri baik-baik saja, mulai Selasa kemarin akhirnya Tri kena internet positif juga,” lanjutnya.

Warganet pun mempertanyakan motif di balik pemblokiran tersebut.

“Ini subscene ikut-ikutan diblokir juga. Maunya Kominfo apa sih? kata @Biancoriza.

Sementara itu, hingga saat ini, Kominfo tak memberikan klarifikasi terkait pemblokiran subscene. Pasalnya, situs penyedia subtitle gratis itu tak memuat konten negatif seperti konten porno atau yang lainnya. Situs tersebut populer karena menyediakan jasa terjemahan untuk film-film bahasa asing secara gratis.

Sumber: suara.com


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ISEAS Singapura Terbitkan Jurnal Tentang Karir Politik Anies Baswedan

Depokrayanews.com- Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS) Yusof Ishak Institute yang bermarkas di Singapura, menerbitkan ...