by

Waspada, 9 Daerah Tujuan Wisata Ini Masih Zona Merah Covid-19

Depokrayanews.com- Beberapa daerah tujuan wisata di Indonesia, kini masih berstatus zona merah Covid-19. Karena itu, masyarakat yang hendak berlibur menjelang akhir tahun harus waspada dan tetap berhati-hati karena kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi.

Bahkan Epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo mengatakan, pilihan terbaik adalah di rumah saja. Artinya, tidak pergi berlibur ke mana-mana karena kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi.

Peta Risiko Satgas Covid-19 menunjukkan ada 9 daerah tujuan wisata yang berstatus zona merah, sehingga sangat berbahaya untuk dikunjungi, apalagi dijadikan tempat berlibur menjelang akhir tahun.

Epidemiologi Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo mengingatkan, pilihan terbaik saat ini adalah tetap di rumah saja dan tidak bepergian karena tren kasus penularana Covid-19 masih tinggi.

Namun di sisi lain, Windhu mengapresiasi kebijakan pemerintah yang mensaratkan perjalanan menggunakan rapid test antigen. ”Ini sudah lebih baik dibandingkan rapid test antibodi. Namun lebih baik lagi jika pergerakan manusia selama masa pandemi dapat dibatasi. Yang terbaik, terbenar adalah pergerakan dibatasi, tidak boleh bergerak,” katanya seperti dilansir Kompas, Minggu 20 Desember 2020.

Windhu kemudian mengingatkan agar kebijakan yang dibuat pemerintah harus ada standar atau sistem yang jelas. Kebijakan pemerintah pusat yang mewajibkan swab antigen atau PCR, tetapi di daerah atau moda transportasi belum menerapkan sepenuhnya.

“Sistemnya harus dibuat standar. Tidak hanya kota tertentu yang menyatakan akan melakukan pemeriksaan rapid tes antigen atau PCR,” kata dia.

Dia kerap mendapati kebijakan yang hanya diucapkan saja oleh pemda, tapi di lapangan tidak dilaksanakan. Itu karena minimnya pengawasan, tidak ada sanksi yang jelas, dan sebagainya.

“Semua serba tanggung. Jika nanti pergerakan masih terjadi seperti ini ya saya tidak tahu apa yang akan terjadi kira-kira 2 minggu setelah liburan Nataru berakhir,” kata Windhu.

Berikut ini daftar zona merah di beberapa kota-kota tujuan wisata:
Jawa Barat: Bandung Barat, Kota Bandung
DIY: Sleman, Kota Yogyakarta
Bali: Tabanan, Gianyar
Jawa Timur: Banyuwangi, Jember, Kota Malang
(mad)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *