Waspada, Seluruh Wilayah Jakarta Kini Zona Merah Covid-19, Kecuali Kepulauan Seribu

Sebarkan :

 

Peta kasus Covid-19 di Jakarta

Depokrayanews.com- Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta pemerintah dan masyarakat DKI Jakarta untuk kembali waspada terhadap penyebaran pandemi Virus Corona atau Covid-19 menyusul terjadinya penambahan hingga 2.679 kasus positif dalam sepekan terakhir.

“DKI Jakarta dalam minggu terakhir kasusnya meningkat cukup drastis, dari seminggu sebelumnya adalah 1.880 kasus, menjadi 2.679 kasus (dalam satu pekan terakhir), ini peningkatan yang cukup pesat,” kata Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers dari BNPB, Jakarta, Selasa 28 Juli 2020.

Menurut Wiku, penambahan ribuan kasus ini menjadikan seluruh wilayah kota administasi Jakarta sebagai zona merah, kecuali Kepulauan Seribu. Padahal pekan sebelumnya hanya Jakarta Pusat dan Jakarta Barat yang masuk zona merah.

“Minggu lalu 19 Juli ada 33 persen atau 2 wilayah yaitu Jakarta Pusat dan Jakarta Barat dengan risiko tinggi merah, dan pada Minggu 26 Juli ada 5 kota di Jakarta yang risiko tinggi. Ini harus kita cermati bersama, bahkan pada minggu 21 Juni ada satu daerah yang zona tidak terdampak yaitu Kepulauan Seribu, sekarang sudah menjadi risiko sedang oranye,” kata dia.

Wiku kemudian menjabarkan, distribusi kasus di DKI Jakarta berdasarkan usia yang menampilkan fakta bahwa 80 persen orang yang terinfeksi corona adalah usia 18-59 tahun. Sedangkan pasien meninggal berusia di atas 45 tahun jumlahnya cukup besar yaitu 80 persen.

Dilihat dari data jenis kelamin yang terinfeksi Corona di Jakarta lebih banyak laki-laki sebanyak 52,13 persen dan perempuan 47,87 persen. Sedangkan dari jumlah meninggal, jenis kelamin laki-laki 61,26 persen, sedangkan perempuan 38,74 persen.

“Artinya, kita betul-betul harus menjaga kelompok rentan terutama pada usia lanjut dan juga pada kelompok jenis kelamin laki-laki,” kata dia. (mad)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PSBB Proposional Bodebek Diperpanjang Hingga 27 Oktober

Depokrayanews.com– Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proposional untuk wilayah Bodebek Bogor, Depok, ...