by

Waspadai Nyamuk Aedes Aegipty Pagi dan Sore Hari

Depokrayanews.com- Dinas Kesehatan Kota Depok mengingatkan masyarakat agar mewaspadai gigitan nyamuk pada pagi hari antara pukul 09-10.00 wib dan sore pada pukul 15.00 – 17.00 wib.

“Nyamuk di saat-saat tertentu patut diwaspadai, terutama jam 9 hingga 10 pagi dan jam 3 hingga 5 sore,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Lies Karmawati.

Menurut dia. penyakit Demam Berdarah Dengue atau kerap disebut DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue.

Virus yang berasal dari nyamuk Aedes Aegipty tersebut biasanya mewabah pada musim hujan. ” Saat memasuki musim penghujan inilah, masyarakat harus waspada dan memahami gejala yang timbul jika terkena virus tersebut,” kata Lies.

Dinas Kesehatan Depok sudah melakukan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB) untuk mengurangi perkembangbiakkan bibit nyamuk.

Selain itu dilakukan pula Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan penguburan barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk. Atau, kalau memang ada genangan bisa dilakukan pengurasan, atau memeliharan ikan di genangan air yang ada di kolam.

Lies Kadinkes DepokLies mengajak masyarakat menjalankan pola hidup bersih dan sehat, diantaranya adalah tidak membuang sampah sembarangan serta menguras perabotan yang kemungkinan bisa menciptakan genangan air yang dikhawatirkan akan menjadi sarang nyamuk.

“Pemberantasan sarang nyamuk di rumah dan lingkungan sekitar harus dilakukan sesering mungkin,” kata dia. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *