by

Wow, 3 Polisi Ini Berhasil Meraih Gelar Profesor

DEPOKRAYANEWS.COM – Banyak polisi yang tidak sempat melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi karena kesibukan tugas di lapangan.

Berbeda dengan 3 orang polisi ini. Mereka justru telah menyelesaikan pendidikannya hingga mendapatkan gelar Profesor. Tidak banyak orang yang memiliki gelar istimewa ini. Apalagi di jajaran aparat penegak hukum (APH).

Namun, para Jenderal Polisi ini dapat menyelesaikan pendidikan dengan gemilang.

Berikut adalah profil dari ketiga polisi yang punya gelar professor dan ditunjuk menjadi Guru Besar di PTIK Jakarta ini.

1. Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. Pria kelahiran Bogor, 14 Agustus 1966 ini termasuk ke dalam lulusan terbaik Adhi Makayasa Akademi Kepolisian tahun 1988.

Rycko melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia dan mengambil gelar Magister Ilmu Administrasi pada tahun 2001. Dan meraih gelar Doktor pada kajian ilmu kepolisian Universitas Indonesia (2008).

Dia menjadi Guru Besar dalam jabatan Profesor dibidang ilmu Kajian Ilmu Kepolisian pada Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) sejak tanggal 1 Agustus 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim. Dan kemudian dikukuhkan sebagai Guru Besar PTIK pada 21 Juni 2021

2. Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri Suhartono. M.M. Eko Indra Heri Suhartono lahir di Palembang, 23 November 1964. Eko merupakan lulusan Akpol 1988, dan memiliki ahli di bidang SDM (sumber daya manusia).

Melanjutkan pendidikan di Universitas Borobudur dan mendapat gelar Magister Manajemen di tahun 2001.

Tidak berhenti disitu dia kemudian melanjutkan pendidikannya dan mendapat gelar Doktoral pada Studi Kajian Ilmu Kepolisian di Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2005.

Kemudian, dia mendapat gelar Guru Besar dalam jabatan Profesor dibidang ilmu Kajian Ilmu Kepolisian pada Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) sejak Februari 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim. Dan dikukuhkan pada 21 Juni 2021.

3. Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si. Terakhir adalah Chryshnanda Dwilaksana yang merupakan lulusan Akademi kepolisian pada 1989, dan melanjutkan pendidikan S1 di PTIK 1998. Pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 3 Desember 1967 ini melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Indonesia 2001, dan pada taun 2005 dia meraih gelar Doktoral Studi Kajian Ilmu Kepolisian di Universitas Indonesia.

Guru Besar dalam jabatan Profesor dibidang ilmu Kajian Ilmu Kepolisian pada Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) didapatnya sejak 2020.

Kemudian dia dikukuhkan sebagai Guru Besar PTIK pada Juni 2021. (ril/sindo)

1

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *