by

Wow, Laporan Keuangan Pemkot Depok sudah 6 Kali Raih WTP

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna menerima penghargaan WTP dari perwakilan BPK di Bandung,
Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna menerima penghargaan WTP dari perwakilan BPK di Bandung,

Depokrayanews.com- Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Depok Tahun Anggaran 2016, lagi-lagi mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Ini merupakan keenam kalinya laporan keuangan Pemkot Depok meraih predikat WTP, setelah yang pertama diraih tahun 2011.

Pengharaan WTP itu, diserahkan secara resmi dalam sebuah acara di Gedung BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Jalan M Toha, Kota Bandung, Senin (5/6/2017),

Prosesi penyerahan opini WTP diawali dengan penyerahan hasil pemeriksaan kepada walikota dan bupati, serta Ketua DPRD masing-masing daerah. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan piagam penghargaan atas penerimaan opini WTP dari BPK RI Perwakilan Jawa Barat yang diterima langsung Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna.

Pemeriksaan keuangan tersebut bertujuan untuk memberi opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan dengan memperhatikan, kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, pengandalan sistem pengendalian intern, kepatuhan kepada peraturan dan perundang-undangan, serta kecukupan pengungkapan.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna, mengungkapkan rasa syukurnya Pemkot Depok telah berhasil menyabet WTP untuk yang keenam kalinya secara berturut-turut.

Menurutnya, penghargaan yang didapatnya ini menjadi spirit tersendiri bagi Pemkot Depok dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, di bulan suci Ramadan ini kita mendapatkan sebuah kado istimewa berupa opini WTP dari BPK. Ini sebuah hal yang patut kita syukuri bersama,” kata Pradi.

Menurutnya, WTP yang didapat ini merupakan hasil kerja keras seluruh stakeholder di Kota Depok, terlebih Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Inspektorat Kota Depok yang telah berjibaku membuat laporan keuangan berbasis akrual.

“Belajar dari pengalamam yang sudah-sudah dalam menggunakan keuangan negara, Pemkot Depok sangat berhati-hati sekali. Termasuk dalam membuat perencanaan, penyusunan anggaran, hingga laporan keuangan betul-betul diperhatikan,” kata Pradi. (ril)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *