Yuk, ke Gabus Pucung, Warung Makan Khas Betawi di Depok

Sebarkan :

 

RM Gabus Pucung (deblitz)Depokrayanews.com- Pernah mendengar nama Warung Gabus Pucung?  Kalau belum,  tempat kuliner enak ini terletak di Jalan Mampang Indah 1 RT03/07, Grogol,Limo Depok, Jawa Barat. dan  menyajikan makanan khas Betawi gabus pucung.

Yang istimewa di tempat ini adalah gabus pucung, karena belum banyak diketahui oleh warga di luar Betawi. Menu adalah nasi uduk dan sayur asam, masih ada jenis masakan lain. Kali ini cobalah menu makanan yang belum banyak diketahui warga di luar warga Betawi, yakni gabus pucung.
Bumbu utama sayur gabus pucung adalah buah pucung yang bentuknya lonjong berukuran sedikit lebih besar dari jengkol dan berkulit keras. Jika dibuka, terdapat biji buah pucung berbentuk daging buah berwarna cokelat tua kehitaman.

Orang Betawi tempo dulu rupanya juga akrab dengan pucung sehingga mereka membuat beberapa resep masakan dengan bumbu itu. Salah satu masakan yang populer adalah gabus pucung, sayur berkuah kehitaman dengan potongan ikan gabus berukuran cukup besar di dalamnya.

Jenis masakan itu tidak bertebaran di banyak tempat seperti halnya nasi uduk dan sayur asam Betawi, tetapi penyuka makanan ini tahu di mana ada rumah makan atau warung yang menyediakan hidangan ikan gabus.

”Dulu yang makan di sini hanya orang kantoran dekat sini, tetapi lama-lama ada yang mengajak keluarganya, dan tujuan membuka warung gabus pucung ini ingin memperkenalkan makanan tradisional betawi yang hampir punah yang di tinggalkan orang betawi sendiri” kata Acep Azhari, pemilik Warung Gabus Pucung kepada depokrayanews.com

Gabus pucung Villa betawi ini warna dan rasa pucungnya tidak terlalu kental ditimpa rasa gurih ikan gabus. Biasanya pelanggan memadukan sayur ini dengan sambal pedas, berbagai macam lalapan, petai, dan kerupuk. Jika mau menambahkan jengkol muda dan lainnya. Nasi putih yang di kukus pake kayu dan menggunakan dangdang ini ditaruh menggunakan bakul. Duh, aroma khas nasi panas itu makin menambah lapar…!

Harga Gabus pucung yang tergolong eksklusif ini ternyata tidak harus merogoh kocekan terlalu dalam alias mahal, untuk satu porsinya gabus pucung Rp.35000 saja.

Di sini juga menjual minuman bir. Tapi jangan salah,  bir disini halal dan menyehatkan, minuman ini memang terkenal banget sama khasiatnya yaitu Bir Pletok, minuman khas betawi ini yang di bandrol perbotolnya Rp.15.000. Mau coba, silakan mampir ke Gabung Pucung. (red)

 

 


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

One comment

  1. Wowuww…pucung enak banget emang, sayang susah mendapatkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menu Buka Puasa Hari Ini: Kolak Ubi Bassang Resep Yetty Zr

Depokrayanews.com- Bassang ? Atau dikenal dengan jagung putih Makassar. Sejenis bubur khas Sulawesi Selatan ini, ...