Yuk, Rekreasi Keluarga ke Setu Babakan

Sebarkan :

 
Setu Babakan

Inilah gerbang utama masuk ke kawasan Setu Babakan di Jakarta Selatan.

Depokrayanews.com- Hallo warga Jakarta. Kalau bosan berlibur di Ancol dan Monas, kagak ade salahnye berlibur ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Nyaman, seru dan tambah pengetahuan budaya.

Kawasan Perkampungan Budaya Betawi ini terletak di perbatasan antara Jakarta dan Depok, lebih tepatnya berada di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kawasan dengan luas sekitar kurang lebih 289 hektar ini berada di dua buah setu alam yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga bolong.

Di kampung budaya tersebut, kita dapat mengetahui dan mempelajari lebih banyak tentang kebudayaan betawi. Misalnya kesenian Betawi, rumah adat Betawi, dan kehidupan masyarakat Betawi sehari – hari, dengan suasana yang nyaman.

Kita tidak hanya sebatas menikmati pemandangan setunya saja, tetapi kita juga dapat menikmati setu ini dengan memancing, olahraga sepeda air, kano, perahu naga, dan buat anak-anek kecil ada permainan seperti mandi bola, bebek-bebekan. Setu ini dikelilingi oleh rindangnya pohon-pohon buah yang menjadi ciri khas betawi seperti belimbing, kecapi, sawo, jengkol, kemuning, dukuh dan melinjo.

Di Kampung Budaya Betawi setu babakan ini dapat menikmati makanan dan minuman khas betawi yang terdapat di sekeliling setu babakan. Mulai dari kerak telor, bir pletok, soto mie, kue rangi dan toge goreng, harganya pun tidak terlalu mahal mulai dari Rp8 ribu sampai Rp15 ribu saja.

Disana banyak sekali bangunan-bangunan yang sangat kental dengan budaya betawi seperti bangunan galeri budaya betawi, rumah-rumah warganya, masjidnya, dan panggung pertunjukkannya.

Selain itu di perkampungan budaya betawi ini banyak sekali kegiatan seperti latihan beksi (olahraga beladiri betawi), dan pementasan kebudayaan Betawi. Mulai dari Lenong sampai Gambang Kromong yang di laksanakan setiap Sabtu dan Minggu. Saat ulang tahun Jakarta yang ke 485, waktu pementasan di tambah. Mulai dari jam 1 siang sampai jam 7 malam.

Bermain sepeda air di Setu Babakan sangat asik dan menyenangkan.

Bermain sepeda air di Setu Babakan sangat asik dan menyenangkan.

Waktu yang terbaik buat berkunjung atau berwisata kesana pada hari Sabtu dan Minggu. Karena terdapat banyak sekali pementasan budaya betawi. Anda bisa melakukan perjalanan dari rumah dengan menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau motor) ataupun transportasi umum (bis atau mikrolet). Tidak ada biaya masuk, kok. (travelone)


Redaksi Depokrayanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : evand212@yahoo.com via wa/SMS : 0878-8351-8091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pangdam Jaya Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada Depok

Depokrayanews.com- Panglima Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta (Pangdam Jaya) TNI AD, Mayjen TNI Dudung Abdurachman melakukan ...